KOMUNITAS PECINTA SENI BUDAYA KAJANG PESISIR SIAP MENGGALI POTENSI SENI DAN BUDAYA ROKAN HILIR

By: On:
KOMUNITAS PECINTA SENI BUDAYA KAJANG PESISIR SIAP MENGGALI POTENSI SENI DAN BUDAYA ROKAN HILIR

www.Newsriau.com – Komunitas Pecinta Seni Budaya Kajang Pesisir sampai saat ini masih aktif melakukan pengembangan serta menggali Seni dan Budaya Negeri Seribu Kubah Kabupaten Rokan Hilir. Disela-sela waktu senggang komunitas ini sering melakukan latihan seni musik dan tari guna untuk kemajuan komunitas pecinta seni budaya Kajang Pesisir.

Ketua Komunitas Pecinta Seni dan Budaya Kajang Pesisir Dedek Iskandar mengatakan bahwa tujuan di bentuk komunitas ini adalah untuk mempersatukan para pelaku-pelaku seni yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

“Komunitas ini dibentuk atas dasar kesadaran kami sebagai pelaku seni, kami tidak ingin kelompok seni atau sanggar A dan sanggar B saling hujat menghujat, tindih menindih. Kami siap membantu dan mengajak sanggar-sanggar yang ada khususnya para pelaku seni untuk bekerja sama dengan baik”. Demikan ungkap ketua komunitas pecinta seni budaya Kajang Pesisir Dedek Iskandar.

Komunitas pecinta seni budaya Kajang Pesisir ini dibenrtuk pada tanggal 28 Oktober 2014. Bertempat di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau. Berikut Penjelasan detail tentang Komunitas Pecinta Seni Budaya KAJANG PESISIR :

MAKSUD DAN TUJUAN

1. KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir lebih mengedepankan kegiatan kegiatan sosial. Baik itu bagi anggota sendiri dan juga masyarakat dan para pelaku seni di Kabupaten Rokan Hilir khususnya dan Riau umumnya.

2. KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir bermaksud untuk mewadahi aspirasi para pelaku seni Kabupaten Rokan Hilir untuk meningkatkan kesejahteraan dalam berupaya melestarikan dan melakukan pembinaan terhadap seni dan budaya di Kabupaten Rokan Hilir. Yang bertujuan agar peran serta masyarakat kesenian di Kabupaten Rokan Hilir memperoleh pengakuan dari masyarakat guna terciptanya pengertian yang mendasar tentang arti pentingnya melestarikan seni dan budaya untuk meningkatkan ketahanan bangsa.

3. KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir bermaksud meningkatkan pemahaman nasional tentang kesenian daerah yang berakar budaya Kabupaten Rokan Hilir guna meningkatkan citra Kabupaten Rokan Hilir dalam kontek kesenian dan kebudayaan.

 

KEGIATAN-KEGIATAN

Dalam rangka mencapai tujuan  Kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan oleh KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir adalah :

1) Melakukan kegiatan sosial baik terhadap anggota maupun Pelaku Seni di Kabupaten Rokan Hilir.

2) Melakukan kegiatan-kegiatan pementasan kesenian secara terbuka baik yang diselenggarakan secara sendiri oleh KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir maupun dengan cara kerjasama dengan pihak lain.

3) Melakukan usaha pelatihan-pelatihan Kesenian yang bersifat praktis kepada masyarakat guna meningkatkan kecintaan terhadap kesenian yang berakar pada budaya asli Rokan Hilir.

4) Melakukan seminar-seminar yang bertujuan untuk menggali potensi kepariwisataan budaya di Kabupaten Rokan Hilir khususnya dan Propinsi Riau
Umumnya.

5) Melakukan pengkajian dan penelitian guna meningkatkan kwalitas pemahaman tentang Seni Budaya Rokan Hilir.

6) Melakukan kontak kerjasama dengan pihak luar guna mempromosikan
hasil karya seni para anggota KOMUNITAS PECINTA SENI DAN BUDAYA KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir juga hasil karya seni masyarakat non anggota.

Foto saat mengisi acara pada acara hari gotong royong di Kec. Sedinginan 2106
7) Memproduksi media informasi tentang seni dan budaya baik media cetak maupun media elektronik.

 

8) Menginventarisir grup-grup kesenian di Kabupaten Rokan Hilir yang Selanjutnya merangkul mereka menjadi KOMUNITAS PEKERJA SENI ROKAN HILIR KAJANG PESISIR Kabupaten Rokan Hilir.

Share This:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Twitter
Facebook
Google +

No Responses

Tinggalkan Balasan