Breaking News

Danau Ranau: Destinasi Alamat Paling Ikonik di Bumi Andalas

keindahan danau ranau

Di Sumatera, danau yang populer bukan hanya Danau Toba. Tetapi banyak destinasi hits lainnya yang salah satunya adalah Danau Ranau. Danau ini memiliki kemiripan dengan Danau Toba bahkan juga memiliki satu pulau di tengah-tengahnya yang tak kalah eksotis dengan Pulau Samosir.

Pada artikel travelling berikut ini, ulasannya seputar daya tarik Danau Ranau beserta keanggunannya. Untuk itu, Anda harus membaca artikel ini sampai selesai, baru Anda akan mendapatkan daftar rujukan destinasi terbaik yang harus dikunjungi liburan nanti.

Daya Tarik Danau Ranau Sumatera

Danau Ranau adalah sebuah danau yang sangat eksotis. Sedangkan di sekitar danau terdapat bukit yang permai serta gugusan pegunungan yang tinggi menjulang. Karena suasana semacam ini yang membuat destinasi selalu sejuk, asri serta memiliki panorama yang luar biasa. 

Panorama terindah Danau Ranau Sumatera muncul ketika matahari terbenam. Sinar keemasan sang surya membias pendar cahaya yang indah manakala terpantul dengan air danau. Apalagi danau ini memiliki riak yang tidak terlalu berombak dan airnya cukup jernih. 

Di Danau Ranau terdapat aneka jenis ikan tawar yang memiliki nilai komoditas cukup tinggi. Kalau beruntung Anda akan melihat ikan yang naik ke permukaan seakan mengucapkan selamat datang kepada para pengunjung danau. Anda bisa menikmati keindahan ini dari pinggir danau yang sudah dilengkapi dengan gazebo dan gardu pandang berukuran besar. 

Baca : Keindahan alam danau singkarak

Aneka Destinasi di Danau Ranau

Danau Ranau tidak hanya identik dengan panoramanya yang indah saja. Tetapi, di danau ini juga terdapat aneka destinasi lain yang juga layak untuk dikunjungi. Di bawah ini terdapat beberapa destinasi yang dimaksud: 

1. Kolam Pemandian Air Panas

Di Danau Ranau terdapat kolam pemandian air panas yang cukup luas. Kolam ini terbuka untuk umum dengan membayar tiket yang cukup terjangkau. Menurut sebagian orang, berendam di kolam ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit akibat adanya kadar belerang.

Luar biasanya lagi, kolam pemandian air panas ini berada di tengah hutan di wilayah pesisir Danau Ranau. Maka dari itu, kalau Anda berendam di kolam ini, suasana alam terasa asri, sejuk dan membuat betah berlama-lama di sana. Pengunjung pun suka untuk datang dan berendam di kolam ini. 

2. Arung Jeram

Bagi penyuka olahraga ekstrem arung jeram, maka arung jeram di Danau Ranau layak menjadi pilihan. Di sini, lekuk sungai lebih tajam sehingga mampu menghadirkan tantangan tersendiri kepada para atlet. Sekalipun demikian kadar keamanan arung jeram cukup terkendali apalagi kalau Anda mengarung jeram bersama para profesional. 

3. Water Park

Pihak pengelola benar-benar ingin memanja pengunjung dengan aneka destinasi yang pasti memuaskan. Destinasi di Danau Ranau yang berikutnya adalah water park atau taman pemandian yang berada di pinggir danau. Kolam ini terbagi menjadi dua bagian yaitu kolam dewasa dan kolam khusus anak-anak. 

Baca : Pesona gunung singgalang

Rute Menuju Danau Ranau

Terdapat banyak jalur akses menuju Danau Ranau Sumatera. Kalau dari Kota Mutiara Dua, ibu kota Oku Kumering Olu, jarak tempuh ke Danau Ranau hanya 2 jam saja. Namun jika berangkat dari Kota Palembang, Anda harus berkendara selama 8 jam. 

Anda  bisa memasuki Danau Ranau melalui Lampung. Tepatnya dari Kota Liwa yang berada di kawasan Bandar lampung. Jika berangkat dari jalur ini, waktu perjalanan mencapai 6 jam melalui jalur darat. Memang jarak tempuh cukup jauh, tetapi akses jalan sudah cukup baik dan lebar. 

Kalau Anda berencana untuk berpelesir saat liburan nanti, silakan mendatangi Danau Ranau yang pesonanya tidak kalah dengan Danau Toba. Dijamin Anda pasti puas apalagi kalau berwisatanya bersama seluruh keluarga. Jadi tunggu apalagi segera persiapkan budget-nya sekarang juga. 



Penulis : Tini

Type and hit Enter to search

Close