Efektivitas Pembelajaran Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 02 SEMINAI Kab.SIAK

Mahasiswa/I Universitas Islam Riau

Wahyu Junanto ( 206910050 )

Nur Fitri Anggraeni ( 206910035 )

Kelompok 2

Dosen Pembimbing, Dea Mustika S.Pd.M.Pd

Efektivitas Pembelajaran Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013

Di SDN 02 SEMINAI Kab. SIAK

Kurikulum 2013 dirancang dengan tujuan guna mempersiapkan insan Inonesia agar memiliki kemampuan sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan afektif dan mampu borkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Dalam hal ini,kami melakukan sebuah observasi terhadap SDN 02 Seminai Kab. Siak. Bagaimana kah efektivitas pembelajaran Tematik  dalam Implementasi  Kurikulum 2013 di Di SDN 02 SEMINAI Kab.SIAK ?

Hasil observasi terhadap Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 didapatkan peringkat baik. Guru telah mampu membuat RPP yang telah dibuat dengan format lengkap,yang mana trdapat nama sekolah, kelas, semester. 

tema/sub tema, jumlah pertemuan, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, alokasi waktu, serta langkah-langkah pembelajaran. Dapat dikatkan bahwa guru telah merumuskan RPP dengan baik, Meskipun,masih terdapat beberapa guru yang belum mampu secara maksimal dalam merumuskan RPP,seperti merumuskan indikator. 

Dalam pelaksanaan pembelajaran, SDN 02 Seminai telah dapat melaksanakan dengan baik walaupun begitu peserta didik diharapkan pula mampu untuk memperbaiki sikap,meski peserta didik telah menguasai pengetahuan serta keterampilan.  

Pemberlakuan kurikulum 2013 menkankan pada pembelajaran afektifitas,yang mana bahwa penilaian menekankan pada penilaian proses,yaitu aspek sikap,pengetahuan,dan keterampilan. Dan di SD ini dapat melaksanakan penilaian susuai dengan standar penilaian kurikulum 2013. 

Serta  keterpakaian buku guru dan buku siswa pembelajaran tematik dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 02 Seminai dapat dikatakan baik. Dan juga penggunaan buku pendukung lain yang relevan guna melengkapi dan pengembangan materi yang ada pada buku guru dan siswa pun baik. 

Dengan demikian,dapat disimpulkan bhawa pembelajaran tematik efektif dalam pengimplemnetasian kurikulum 2013 di SDN 02 Seminai.  


No comments for "Efektivitas Pembelajaran Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 02 SEMINAI Kab.SIAK"