Breaking News

Ini Dia Penyebab Aki Kendaraan Cepat Habis

cara perawatan aci pada motor

Kalau kendaraan bermasalah dengan aki boros, jangan dibiarkan tetapi harus segera dicari penyebabnya. Kalau penyebab aki kendaraan cepat habis masih belum ditemukan, tentu aki akan terus habis, dan pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya. 

Untuk itu, saya berminat untuk membuat artikel yang di dalamnya berisi tentang penyebab aki boros. Siapa tahu narasi ini bisa menjadi informasi penting bagi pemilik kendaraan yang sering mengalami kehabisan aki kendaraan. Jadi, silakan disimak ini ulasan selengkapnya:

Baca juga : Persiapan berkendara dengan aman

1. Komponen Aki sudah Aus

Penyebab yang pertama tentu karena komponen aki sudah ada yang aus. Sehingga, kinerja aki tidak maksimal, pembakaran di dalamnya juga tidak ideal. Nah, jika ini yang terjadi tentu wajar kalau aki cepat panas dan lekas habis. 

Nah, untuk mencegah hal ini, si pemilik harus mengecek kesehatan aki setiap saat. Jika ada komponen yang dirasa sudah aus, maka segera ganti sebelum uang habis hanya untuk membeli aki yang baru. 

2. Memanaskan Kendaraan Terlalu Lama

Memanaskan kendaraan di pagi hari, memang sangat kita anjurkan. Bahkan diwajibkan karena ini yang menjadi prasyarat kendaraan tidak mudah rusak daripada langsung menggunakannya untuk bepergian tanpa kendaraan dipanasi terlebih dahulu. 

Akan tetapi, kalau memanaskan kendaraan dalam waktu yang terlalu lama, tentu efeknya juga tidak baik. Ini yang membuat aki cepat habis, karena mesin dibiarkan bekerja menyuplai pembakaran. Padahal di saat itu, kendaraan tidak digunakan untuk bepergian. 

3. Adanya Modifikasi Kendaraan yang Berlebihan

Terkadang orang asal memodifikasi kendaraan tanpa membaca efek negatif yang akan timbul sebabnya. Padahal, kalau modifikasi terkait dengan listrik seperti lampu, klakson, stater, itu berpotensi membuat aki cepat habis jika modifikasinya berlebihan. 

Nah, jika ingin memiliki aki kendaraan yang irit, lakukan modifikasi tetapi sekadarnya saja. Paling tidak yang sekiranya tidak menimbulkan respon elektrik seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

4. Kendaraan Dipakai Terus Menerus

Kalau kendaraan dipakai terus menerus, apalagi dengan jarak yang jauh, tentu wajar kalau aki cepat habis. Makanya, pemilik harus memeriksa komponen ini supaya tetap lancar berkendara. 

Pemilik kendaraan juga harus membeli aki yang berkualitas tinggi. Memang harganya sedikit mahal, tetapi durasi pergantiannya tidak terlalu pendek. Berbeda jika menggunakan aki tidak berkualitas sedangkan kendaraan dipakai terus menerus. Tentu efeknya pemilik akan sering mengeluarkan uang untuk mengganti aki. 

Baca juga : Perawatan sepeda motor matic

5. Tidak Sadar Spidometer Menyala Semalam Suntuk

Penyebab aki boros yang paling sering dialami adalah karena secara tidak sadar telah memutar kontak semalam suntuk. Tentu di kala itu, spido meter kendaraan sedang menyala sehingga setrum listrik dari aki ke lampu spido juga aktif. 

Nah, sekalipun yang hidup hanya spidometer, tetapi merembet pada setrum aki yang menipis, tentu yang bermasalah adalah komponen lainnya seperti starter, lampu depan belakang dan klakson. Sebab, semua komponen ini mengambil daya langsung dari aki. 

Maka dari itu, jika ingin memiliki aki yang irit, coba pelajari penyebab aki kendaraan cepat habis di atas. Hanya ini yang bisa dijadikan sebagai pencegahan supaya aki tetap bisa digunakan terus menerus. 

Jika pun harus rusak, bukan karena pola yang salah, melainkan karena aki sudah digunakan dalam waktu yang lama. Telitilah dalam menggunakan aki agar aki jadi awet dan tidak mudah rusak.


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close