Breaking News

Beberapa Alasan Mengapa Harus Menggunakan Bahan Bakar Pertamax?

bahan bakar motor

Anda tidak boleh asal memilih bahan bakar untuk kendaraan. Pasalnya, BB-lah yang menjadi prasyarat kendaraan bisa melaju dengan nyaman serta mesin kendaraan juga awet karenanya. Maka dari itu, silakan mempertimbangkan untuk menggunakan bahan bakar pertamax demi alasan di atas. 

Bahan bakar pertamax dianggap bahan bakar yang berkualitas tinggi. Makanya, bahan bakar ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan. Untuk ulasan lebih lengkap terkait alasan mengapa harus memakai bahan bakar pertamax, silakan disimak di bawah:

Baca juga : Cara merawat sepeda motor dengan benar

1. Karena Mesin lebih Bersih

Alasan yang pertama mengapa direkomendasikan menggunakan pertamax daripada yang lain, karena mesin akan lebih bersih. Pasalnya, pertamax memiliki zat khusus yang berfungsi untuk membersihkan komponen yang dilewati. Nah, jika mesin bersih, tentu tidak ada hambatan ketika terjadi pembakaran di dalamnya. 

Ampas sisa pembakaran pun tidak akan menempel di ruang pembakaran. Ini yang membuat proses pembakaran berikutnya akan tetap lancar, yang artinya, Anda bisa menghidupkan sepeda motor dengan nyaman. Apalagi untuk kendaraan tipe injeksi yang memang harus steril dari segala macam kotoran. 

2. Tangki Bahan Bakar Bebas Korosi

Jika menggunakan bahan bakar pertamax, tangki bahan bakar akan bebas korosi. Anda tidak perlu khawatir tempat bahan bakar akan berkarat dan harus membuka komponen untuk membersihkannya. Apalagi untuk servis kendaraan sekarang ini membutuhkan biaya yang mahal. 

Pertamax adalah bahan bakar yang di dalamnya terdapat zat yang berperan sebagai Corrotion inhibator atau zat pembawa sifat anti karat. Jadi, yang bebas karat bukan hanya tangki tetapi semua komponen ruang yang dilewati juga bebas karat. Maka dari itu, segera beralih dari bahan bakar biasa dan pilih saja pertamax sekalipun harganya sedikit mahal. 

3. Bahan Bakar Tidak Terkontaminasi Mineral (Air)

Ada kalanya bahan bakar lain, masih terkontaminasi mineral atau air yang ikut masuk bersama oksigen. Sehingga, lama kelamaan tangki bahan bakar akan penuh dengan air, yang suatu saat membuat pembakaran mesin menjadi terhambat. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati ketika memilih bahan bakar. 

Jika menggunakan bahan bakar pertamax, pembakaran menjadi lancar karena bahan bakar tidak terkontaminasi mineral atau air. Artinya, oksigen yang diserap memang bersih yang menandakan jika menggunakan bahan bakar ini tangki bahan bakar juga bersih. Sedangkan tangki tidak berkarat merupakan bonus yang juga menjadi alasan mengapa harus menggunakan bahan bakar ini. 

Baca juga : Fungsi karburator pada motor

4. Mesin Bebas dari Efek Ngelitik

Ketika mesin sedang berakselerasi, biasanya muncul ngelitik atau detoksinasi yang membuat laju kendaraan menjadi tidak nyaman. Biasanya, ini disebabkan oleh molekul anti ngelitik-nya tidak tepat alias nilai oktannya tidak tinggi. Jika kondisi ini di biarkan tentu suatu saat, mesin benar-benar macet sehingga kendaraan harus dibawa ke bengkel. 

Maka dari itu, silakan pakai pertamax yang saat ini masih dianggap sebagai bahan bakar dengan nilai oktan tertinggi jika dibandingkan dengan yang lain. Kalau menggunakan pertamax, tentu mesin lebih sehat, bahan bakar irit dan yang terakhir, daya pacu mesin lebih lancar. Memang harganya lebih mahal, tetapi masih terbilang rendah daripada harus memperbaiki kendaraan akibat bahan bakar yang tidak berkualitas. 

Untuk itu, silakan menggunakan bahan bakar pertamax untuk kendaraan. Itupun jika ingin memiliki kendaraan yang tetap terawat dan masih bisa dikendarai setiap saat. Selalu mencoba untuk mencegah daripada harus memperbaiki, karena memperbaiki kendaraan biayanya lebih mahal.


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close