Breaking News

Tips Mempersiapkan Kendaraan agar Aman di Perjalanan

pemeriksaan sebelum berkendara motor

Sebelum melakukan perjalanan yang agak jauh, tentunya pengendara harus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk harus mempelajari tips mempersiapkan kendaraan supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. Termasuk melakukan persiapan kendaraan agar tercegah dari terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. 

Terkait dengan hal tersebut, maka pada artikel kali ini, akan dijelaskan tentang kiat mempersiapkan kendaraan sebelum bepergian. Jadi, silakan artikel ini disimak dan dicatat supaya ketika akan melancong, pengendara bisa mengingatnya dengan mudah. Ini, tips yang dimaksud:

Baca juga : Cara aman berkendara sepeda motor

1. Periksa Kondisi Ban Depan Belakang

Sebelum bepergian dengan mengendarai sepeda motor, silakan periksa terlebih dahulu ban depan dan ban belakang dari kendaraan yang akan digunakan. Jika kondisi ban sudah terlalu tipis, maka ganti saja dengan ban yang baru agar perjalanan lebih aman. 

Berkendara dengan kendaraan yang dua bannya sudah tipis, beresiko terjadi kecelakaan. Sebab, pengendara tidak akan mengetahui apakah kondisi jalan yang akan dilewati mulus, tidak rata atau justru jalanan licin. Jika bertemu dengan jalan yang licin, tentu kendaraan bisa tergelincir dan pengendara bisa terjatuh. 

2. Cek Kondisi Dua Rem Sepeda Motor

Komponen kendaraan yang harus diperiksa setiap akan bepergian adalah dua rem yaitu rem depan dan rem belakang. Kalau keduanya mengalami penurunan fungsi lebih baik tunda perjalanan kecuali pemilik kendaraan segera memperbaikinya ke bengkel.

Jika kerusakan rem cukup parah, lebih baik ganti dengan rem yang baru. Sebab, jika memaksa melakukan perbaikan, ada kekhawatiran, rem kembali terganggu ketika sedang di tengah perjalanan. Artinya, resiko kecelakaan tetap ada sekalipun pemilik kendaraan baru membawa kendaraan ke bengkel.

3. Pastikan Bahan Bakar Terisi Penuh

Bepergian dengan sepeda motor memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, kalau tidak mengetahui tips mempersiapkan kendaraan ketika akan bepergian, tentu perjalanan bisa terganggu. 

Nah, salah satu tips yang perlu diperhatikan ialah, pastikan bahan bakar sudah terisi penuh sebelum berangkat. Ini untuk mencegah kendaraan macet di tengah perjalanan, sedangkan di sekitar lokasi, tidak ditemukan tempat pengisian bahan bakar atau pom bensin. 

4. Semua Lampu Sepeda Motor harus On

Sekalipun ada kemungkinan untuk tiba di lokasi tujuan masih siang hari, pemilik kendaraan harus tetap memeriksa lampu sepeda motor sebelum berangkat ke lokasi tujuan. Pasalnya, kondisi di perjalanan tidak menentu, yang terkadang memaksa pengendara untuk tiba di tempat tujuan justru pada malam hari. 

Oleh sebab itu, pastikan memeriksa lampu sepeda motor sebelum berangkat. Lampu harus on termasuk lampu inti maupun lampu indikator ketika berbelok (leting). Ini juga untuk mencegah terjadinya peristiwa pelanggaran lalu lintas yang bisa berujung tilang. 

Baca juga : Perawatan sepeda motor berkala

5. Lakukan Pengisian Ulang Oli

Jika akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, usahakan lakukan isi ulang oli terlebih dahulu. Terutama untuk kendaraan yang sudah lama tidak diisi atau tanggal pengisian sudah tinggal beberapa hari lagi. 

Jadi, jangan menunggu masa tersebut habis, tetapi segeralah lakukan pengisian ulang. Silakan isi oli menggunakan oli yang memang berkualitas serta memang sesuai dengan kadar ideal untuk kendaraan yang akan dikendarai.

Jika membaca artikel tips mempersiapkan kendaraan agar perjalanan aman di atas, sepertinya, pemilik kendaraan tidak boleh terburu-buru ketika akan melakukan travelling dengan sepeda motor. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yang salah satunya seperti yang sudah saya jelaskan ini. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close