Penyebab AC Mobil Panas dan Solusi Mengatasinya

ac mobil cepat panas dan cara mengatasinya

Rasanya sangat menjengkelkan ketika sedang melakukan perjalanan jauh atau rutinitas dengan mobil tercinta namun harus berhadapan keadaan ac mobil panas. Pasalnya, mobil telah menjadi kebutuhan primer dalam mendorong mobilitas tinggi. Jangan anggap spele, ac yang panas justru dapat merusak mood perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

Ac mobil merupakan fitur utama dalam kenyamanan pengendara. Hadirnya ac mobil dapat membuat suasana perjalanan menjadi lebih rileks dan nyaman disertai dengan harum kabil yang menyegarkan. Baik saat siang atau malam hari, ac mobil memiliki peranan yang penting.

Baca juga : Cara agar mobil irit bahan bakar

Gejala Penyebab AC Mobil Panas 

Jika kondisi suhu ac mengalami perubahan hingga panas, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini;

1. Freon sudah habis / berlebihan

Kapan terakhir kali anda mengecek kondisi freon? 

Sama seperti ac rumah, ac mobil pun juga perlu mendapatkan pergantian secara berkala. Namun jika freon diisi berlebihan juga tidak baik sebab dapat membuat tekanan meninggi. Alhasil gejala overheat menimpa mobil anda sehingga kompressor menjadi kepanasan. Kompressor yang panas dapat menjadi kondisi off.

2. Cooling fan mati

Sangat tidak heran jika cooling fan mati menyebabkan ac mobil terasa panas. Jika cooling fan mati, otomatis kinerja kondensor menjadi kurang optimal sehingga komponen dapat berujung kondisi overheat. Tidak hanya itu saja, kinerja kompresor juga mengalami penurunan 

3. Evaporator sudah kotor

Selain kedua komponen diatas, anda juga perlu mengecek kondisi evaporator. Biasanya, evaporator yang sudah kotor dapat menghalangi aliran udara yang masuk kedalam mobil menjadi terhambat sehingga angin yang masuk lebih kecil.  Jika evaporator sudah rusak, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti spare part evaporator.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu sebaiknya anda pelur memasang filter kabin. Tujuannya untuk menghalau debu yang masuk. Dengan terpasangnya filter kabin, kotoran menjadi tidak mudah menumpuk pada evaporator sehingga ac tidak mengalami panas.

4. Magnetic clutch bermasalah

Sering mengalami ac mobil panas ketika perjalanan sedang macet? Bisa saja magnetic clutch sedang mengalami masalah. Memang pada awal perjalanan ac mobil terasa dingin, namun ketika sedang terjebak macet otomatis suhu ac menjadi berkurang dan terasa panas. Namun ac mobil mendadak menjadi normal kembali ketika jalanan sudah mulai lancar.

Baca juga : Penyebab mesin mobil cepat panas

5. Sistem ac mobil bocor

Yang terakhir, anda perlu mengecek sistem ac secara keseluruhan. Bisa saja penyebab ac mobil panas karena sistem ac mobil yang sudah bocor. Baik itu dari kondensor, evaporator, atau sambungan seal O ring. Untuk mendeteksi hal ini, sebaiknya dianjurkan untuk membawa ke bengkel spesialis ac dalam mendaignosa sistem ac yang bocor. 

Solusi Mengatasi AC Mobil Panas

Setelah mengetahui 5 penyebab diatas, ternyata gejala ac mobil panas memang tidak bisa diremehkan. Sebab jika hal ini terus berlanjut, mobil bisa saja mengalami overheat secara mendadak. Jangan sampai overheat hanya karena persoalan ac yang panas.


Penulis : Tini


No comments for "Penyebab AC Mobil Panas dan Solusi Mengatasinya"