Tips Merawat Sepeda Motor agar Awet

cara perawatan sepeda motor

Kendaraan harus dirawat dengan baik supaya Anda bisa mengendarai selamanya. Namun, jika tidak mengetahui tips merawat sepeda motor agar awet, tentu perawatan bisa salah yang berpotensi membuat kendaraan semakin rusak. 

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara merawat sepeda motor yang paling benar. Silakan teknik ini dilakukan di rumah supaya kendaraan benar-benar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dia teknik dan tips yang dimaksud:

Baca juga : Masalah mesin kendaraan cepat panas

1. Ganti Oli dengan Rutin

Kiat dan tips merawat sepeda motor yang paling penting ialah mengganti oli dengan rutin. Untuk pemakaian biasa atau pemakaian di jarak tidak terlalu jauh, Anda bisa mengganti oli kendaraan minimal 6 bulan sekali. 

Akan tetapi, kalau jarak tempuh kendaraan cukup jauh dan masif, lebih baik ganti oli di waktu yang lebih pendek. Anda bisa mengganti oli kendaraan minimal tiga bulan atau empat bulan sekali. Ini untuk mencegah komponen sepeda motor mengalami aus akibat gesekan yang terus menerus. 

2. Memanaskan Mesin Kendaraan setiap Hari

Usahakan sekalipun Anda tidak menggunakan kendaraan untuk bepergian, kendaran harus tetap dihidupkan. Ini untuk mencegah terjadinya korosi pada komponen kendaraan akibat tidak adanya gerak listrik di dalam mesin. 

Anda cukup menghidupkan mesin saja lalu biarkan selama beberapa menit. Matikan kembali mesin ketika merasa sudah hangat lalu ulang kembali pada keesokan harinya. Biasanya, aktivitas ini masyarakat lakukan di pagi hari, baik sebelum kendaraan akan mereka pakai atau tidak. 

3. Kendaraan Tidak Sering Berganti Tangan

Kendaraan sering dipinjamkan ke orang lain, juga berpotensi membuat kendaraan tidak tahan lama. Pasalnya, tidak ada jaminan kalau cara mereka mengendarai kendaraan sama dengan gaya Anda. Tentu resiko kendaraan rusak semakin besar, jika si peminjam mengendarai kendaraan secara asal-asalan. 

Oleh sebab itu, usahakan kendaraan tidak sering berganti tangan. Cukup Anda dengan keluarga saja yang mengendarainya. Kecuali Anda bisa memastikan kalau si pengendara bisa mengendarai kendaraan dengan baik, tidak mengebut dan bisa merawat dengan benar. 

4. Lakukan Servis Berkala

Ada sebuah ungkapan yang salah kalau kendaraan boleh di-service saat sedang mengalami kerusakan saja. Jika tidak, kendaraan boleh tidak dibawa ke bengkel. Sejatinya, ini ungkapan yang keliru dan tidak boleh menjadi pedoman dalam merawat kendaran. 

Kendaraan harus di-service minimal tiga bulan sekali atau berbarengan dengan waktu pengisian oli. Tujuannya bukan untuk memperbaiki kerusakan melainkan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Termasuk untuk mengontrol apakah ada komponen yang mulai lemah atau tidak dan jika ada yang lemah bisa langsung diganti saat itu juga. 

Baca juga : Fungsi oli untuk mesin kendaraan

5. Beli Onderdill Original

Yang namanya alat transportasi berbasis teknologi, tentu sekali waktu ada kerusakan termasuk ada komponen yang aus sehingga harus diganti supaya kendaraan bisa kembali digunakan. Nah, untuk melakukan perawatan lanjutan silakan gunakan onderdil yang original bukan yang imitasi. 

Memang harga onderdil imitasi atau kelas 2 sangat murah dan terjangkau. Akan tetapi, jika dihitung dengan kerusakan yang bakal menimpa kendaraan, biaya yang dikeluarkan tetap sangat mahal. Sedangkan jika menggunakan onderdil ori yang tingkat kerusakannya minim, tentu bujet perawatan yang Anda keluarkan jauh lebih murah. 

Itulah tips merawat sepeda motor yang bisa dilakukan secara rutin sesuai waktu yang telah ditentukan. Jangan menunggu kendaraan rusak untuk menerapkan tips di atas atau Anda akan menyesal.


Penulis : Tini



No comments for "Tips Merawat Sepeda Motor agar Awet"