Tips Agar Kendaraan Irit Bensin

cara supaya kendaraan irit bahan bakar

Mengalami kendaraan kehabisan bensin di tengah perjalanan memang sangat menjengkelkan. Anda membutuhkan tips agar kendaraan irit bensin, supaya masalah ini tidak terjadi. Sebab, jika kehabisan bensin kadung terjadi, tentu Perjalanan menjadi terhambat, lain daripada itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya pembelian bahan bakar yang lebih besar. 

Oleh karena alasan di atas, maka perlu kiranya, dijelaskan cara supaya kendaraan irit bensin yang paling mudah. Uraiannya ada di bawah dan silakan disimak jika perlu dicatat supaya mudah diingat dan diterapkan. Ini dia kiat dan tips yang dimaksud:

Baca juga : Mengenal sistem pengereman pada kendaraan

1. Kendarai Kendaraan dengan Kecepatan Stabil

Orang yang tidak begitu memahami cara mengendarai kendaraan dengan kecepatan stabil, berpotensi mengalami pemborosan bahan bakar. Pasalnya, kerja mesin lebih ekstra dan bobotnya lebih berat, sehingga permintaan pengiriman bensin menjadi lebih cepat untuk menjadi mesin tetap bekerja dengan baik. 

Maka dari itu, kendarai sepeda motor dengan laju yang stabil dan ideal. Ciri-ciri laju kendaraan stabil terlihat pada spido meter. Jika dalam satu gigi atau persneling, sering terjadi penurunan dan kenaikan kecepatan, maka berarti si pengendara masih belum bisa mengendarai kendaraan dengan tepat. 

2. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Tinggi

Kualitas bahan bakar juga memengaruhi kinerja mesin kendaraan. Nah, itu artinya, kualitas bahan bakar juga menjadi satu syarat kendaraan irit bensin. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh asal memilih bahan bakar kecuali memang ingin biaya pembelian BBM membengkak. 

Jangan terpukau dengan bahan bakar yang harganya lebih murah. Sebab, bisa jadi bahan bakar tersebut, justru bisa menimbulkan gelitik berkali-kali yang membuat kinerja mesin tidak maksimal. Alhasil, jika mesin tidak rusak, bensin akan mengalami pemborosan. 

3. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Tips agar kendaraan irit bensin yang berikutnya ialah jangan terlalu lama memanaskan kendaraan. Apalagi jika dalam proses pemanasannya, Anda menggeber kendaraan dengan keras. Ini yang sejatinya tidak boleh dilakukan ketika sedang memanaskan sepeda motor. 

Durasi waktu yang tepat ketika memanaskan kendaraan adalah 5-7 menit saja. Itu sudah waktu terlama yang jika melebihi waktu tersebut, justru membuat bensin lebih banyak terbuang. Jadi jangan kaget ketika menurut Anda, kendaraan mengalami pemborosan bahan bakar. 

4. Usahakan Berkendara di Jam Bebas Macet

Salah satu penyebab bensin kendaraan boros yang harus diketahui berikutnya ialah, Anda menyalakan mesin dalam waktu lama tanpa kendaraan berjalan. Hal ini biasanya terjadi pada saat berkendara dalam suasana lalu lintas sedang macet. 

Untuk mengatasi hal di atas, pastikan Anda berkendara dengan memperhatikan jam-jam yang sekiranya pada jam tersebut, kondisi jalanan sedang sepi alias tidak macet. Termasuk menghindari berkendara di jam-jam sibuk yang potensi kemacetan sangat besar. 

Baca juga : Cara merawat kendaraan matic

5. Servis Kendaraan Secara Berkala

Terkadang bensin kendaraan boros karena ada komponen yang mengalami kerusakan. Solusinya ialah, Anda harus rajin men-servis kendaraan minimal 3 atau 6 bulan sekali untuk memastikan semua komponen kendaraan tidak mengalami masalah. 

Memang ada kalanya, kendaraan saat dikendarai baik-baik saja. Padahal di dalamnya ada komponen yang mungkin sudah berkarat atau ada pemasangan baut yang longgar. Nah, ini juga bisa diatasi dengan cara membawa kendaraan ke bengkel secara rutin daripada bensin boros atau kerusakan kendaraan semakin parah. 

Itulah beberapa tips agar kendaraan irit bensin yang perlu diketahui. Sebuah solusi bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan mentereng sekaligus bisa berhemat biaya bahan bakar karenanya. 


Penulis : Tini


No comments for "Tips Agar Kendaraan Irit Bensin"