Kesalahan Fatal Saat Naik Sepeda Motor yang Berbahaya

perlengkapan berkendara motor yang benar

Sepeda motor merupakan sarana Anda yang ingin bepergian ke luar rumah dengan mudah dan cepat sampai di tujuan. Walaupun demikian, Anda harus mengetahui kesalahan fatal saat naik sepeda motor yang berpotensi menimbulkan kerusakan hingga membahayakan pengendaranya. 

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang kesalahan-kesalahan tersebut. Tuuannya, supaya Anda lebih berhati-hati lagi keika menggunakan sepeda motor untuk bepergian. Ini kesalahan-kesalahan yang dimaksud:

Baca juga : Fungsi komponen karburator motor

1. Menyepelekan Kaca Spion

Terkadang Anda menyepelekan kaca spion dikarenakan bentuknya yang kecil dan sedikit berada di luar dari pandangan. Jadi, Anda malas melirik sekalipun efeknya sangat besar bahkan menjadi syarat keselamatan ketika berkendara. 

Fungsi dari spion sendiri ialah, untuk mempermudah pengendara yang ingin mengetahui posisi kendaraan lain yang ada di belakangnya. Jadi, tidak cukup jika hanya mengandalkan lampu lesting saja, tetapi juga harus melihat spion supaya kendaraan lain tidak menabrak kendaraan Anda dari belakang. 

2. Tidak Menurunkan Gigi saat Di Tanjakan

Ketika sedang berada di tanjakan, lebih baik menurunkan gigi atau porsneling ke posisi rendah. Hal ini perlu dilakukan karena ketika sedang berjalan di tanjakan beban kendaraan cukup berat sehingga laju sangat pelan. Nah, agar bisa menanjak, tentu harus menurunkan giginya terlebih dahulu.

Jika ini tidak dilakukan, dikhawatirkan mesin akan jebol, atau kendaraan akan mati di pas tanjakan yang membuat kendaraan akan mundur secara cepat dan terjatuh. Sudah banyak kasus semacam ini, yang tidak jarang juga membuat nyawa terancam. 

3. Tidak Menggunakan Helm

Pengendara sepeda motor diwajibkan menggunakan helm baik ketika menempuh perjalanan jarak dekat apalagi jarak jauh. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa di perjalanan sekalipun kita tidak menginginkan hal tersebut adalah kecelakaan. 

Jikapun terjadi kecelakaan keberadaan helm tetap bisa melindungi kepala dari luka yang parah. Oeh sebab itu, jika memang sayang dengan nyawa lebih baik gunakan helm setiap akan bepergian dengan menaiki kendaraan. Toh ini untuk keselamatan di perjalanan. 

4. Menggeber Kendaraan Tanpa Dijalankan

Ada beberapa kebiasaan yang merupakan kesalahan fatal saat naik sepeda motor yang berikutnya, ialah menggeber kendaraan tanpa dijalankan. Ini biasanya dilakukan oleh para pemuda yang tidak terlalu memperhatikan kendaraannya apa akan rusak atau tidak. 

Menggeber kendaraan tanpa dijalankan sejatinya tidak direkomendasikan. Sebab, selain membuat mesin overheate, kabel gas juga longgar. Nah, ini yang berbahaya ketika kabel gas lepas pada saat kebndaraan sudah dikendarai. Pasalnya, potensi terjadi kecelakaan masih sangat besar. Oleh karena itu, hindari aktivitas tersebut atau Anda akan menyesal.

Baca juga : Kesalahan ketika mencuci motor

5. Mengendarai Kendaraan dengan Laju Tidak Sesuai Persneling yang Ideal

Kalau ingin menggunakan kendaraan dengan nyaman, laju kecepatannya harus sesuai dengan persneling yang ideal. Jika tidak, tentu laju kendaraan tidak stabil bahkan bisa merusak mesin. 

Jika laju kendaraan pelan, tentu gigi yang dipakai harus gigi rendah. Namun jika lajunya lebih cepat, maka gigi yang dipilih harus lebih tinggi. Oleh sebab itu, silakan rasakan sendiri bagaiman laju kendaraan yang sedang dikendarai. Ini harus dilihat dari perasaan serta usahakan ketika sedang mengendarai sepeda motor sekali waktu harus memperhatikan spidometer. 

Itulah beberapa kesalahan fatal saat naik sepeda motor yang tidak boleh dilakukan apapun alasannya. Itupun jika ingin berkendara dengan aman dan bisa selamat sampai ke tujuan. 


Penulis : Tini



No comments for "Kesalahan Fatal Saat Naik Sepeda Motor yang Berbahaya"