Breaking News

Tips Merawat Rambut Bagi Perempuan Hijab

cara merawat rambut

Bagi perempuan yang menggunakan hijab, tentunya area bagian rambut tertutup.  Meskipun tertutup bukan berarti perempuan yang menggunakan hijab tidak memiliki masalah rambut. Hijab yang digunakan mejadikan rambut tidak terkena paparan sinar ultraviolet, debu, asab dan polusi lainnya. 

Selain itu, 90% perempuan menghabiskan waktunya dalam tertutup hijab selama lebih dari 8 jam. Hal tersebut tentunya banyak merasa membuat para perempuan merasa aman sehingga asal-asalan dalam melakukan perawatan rambut. 

Kita juga harus melakukan perawatan rambut dengan baik ketika kita menggunakan hijab bahkan jika perlu lakukanlah perawatan di salon karena rambut yang tertutup hijab justru mudah rusak seperti rambut berminyak, mudah lepek hingga rambut rontok. 

Baca juga : Mengenal jenis bahan kain

Nah bagi kalian yang menggunakan hijab, cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut adalah sebagai berikut :

1. Sisir Rambut Ketika Akan Mandi

Bagi perempuan yang menggunakan hijab, menyisir rambut sebelum mandi harus dilakukan. Mengapa demikian? Karena saat menggunakan hijab rambut kita terikat ponytall. Menyisir rambut ketika akan mandi bertujuan agar rambut tidak  kita tidak mudah rontok. Selain itu, dalam menyisir seringlah ganti pola arah agar setiap rambut memperoleh perlakuan yang sama. Hal ini selain bertujuan untuk mencegah kerontokan juga bertujuan agar terhindar dari penipisan di beberapa bagian.

2. Rutin Keramas

Apabila memiliki rambut kering maka keramas dapat dilakukan dua kali selama seminggu dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner. Akan tetapi hindari mencuci rambut setiap hari kaena dapat menyebabkan minyak alami yang ada di rambut menjadi hilang.selain itu, hindari keramas dengan menggunakan air panas. Hal tersebut dikarenakan air panas dapat merusak kulit kepala, berbeda dengan air dingin yang mampu mengurangi rambut rontok dan dapat meratakan folikel rambut.

3. Jangan terlalu Kencang Mengikat Rambut

Mengikat rambut yang terlalu kencanf dapat menyebabkan rambut kita menjadi mudah patah dan tentunya juga mudah rontok. Dengan demikian, ketika kita menggunakan hijab, ikatlah rambut dengan longgar dan jangan terlalu tinggi pula agar dapat bernafas. Usahakan memilih ikat rambut dengan bahan kain sutera.

4. Urailah Rambut

Selama kita sedang santai di rumah, usahakan untuk melepas hijab. Hal ini memiliki tujuan agar rambut membuat kulit kepala lebih baik dalam bernafas. Selain itu juga sediakan beberapa menit untuk menjemur rambut dipagi hari agar dapat membantu sirkulasi dalam kepala.

5. Gunakan Masker

Saat ini sudah banyak masker rambut yang dijual di pasaran. Gunakanlah masker dua atau tiga kali dalam seminggu agar rambut menjadi lembab dan sehat. Ketika meggunakan masker berilah sedikit pijatan yang akan membantu tumbuhnya rambut menjadi lebih baik.

Baca juga : Khasiat garam untuk wajah

6. Keringkan rambut

Ketika rambut basah usahakan jangan mengikat rambut dan menggunakan hijab. Karena lembabnya rambut dapat menyebabkan ketombe dan rasa gatal yang membuat kita menjadi tidak nyaman. 

Untuk itu keringkan lah terlebih dahulu rambut sebelum menggunakan hijab. Selama masa pandemic seperti sekarang ini tentunya banyak kegiatan yang dilakukan di rumah maka dalam mengeringkan rambut cukup dilakukan dengan diangin-anginkan. Namun ketika harus keluar rambut gunakanlah pengering rambut.

7. Gunakan Hijab yang Nyaman

Material terbaik yang dapat digunakan adalah katun dan sutera lembut. Kain tersebut dapa mencegah gesekan yang dapat merusak rambut selama menggunakan hijab. Penggunakan hijab dengan bahan sintesis dapat menyebakan rambut menjadi mudah patah dan bercabang. Maka ketika menggunakan hijab dengan bahan sistesis usahakan untuk menggunakan bandana atau ciput agar hijab tidak secara langsung menempel di rambut.


Sumber : Anis Nurul A



Type and hit Enter to search

Close