Breaking News

Manfaat Udang Untuk Kesehatan

manfaat udang untuk kesehatan

Udang merupakan hasil laut yang masuk pada jenis kerang dan sangat disukai banyak orang. Harga dari udang pun lumayan mahal. Sumber makanan yang dapat dikonsumsi dari udang adalah bagian dari ekor. Di Indonesia, udang biasanya diolah menjadi sup, tumis, semur udang dan juga aneka sambal. 

Akan tetapi, masih banyak yang beranggapan bahwa udang adalah makanan yang tidak sehat dikarenakan kandungan kolestrol cukup tinggi namun faktanya udang justru makanan yang memiliki gizi yang tinggi. Dalam udang mengandung rendah kalori, protein dan lemak sehat dengan jumlah yang cukup besar.

Baca juga : Bahan alami menghilangkan ketombe

Yuk, intip apa saja manfaat udang bagi kesehatan. Simak pembahasan berikut ini :

1. Dapat menjaga kesehatan rambut

rambut sehat

Kandungan mineral “seng” yang ada di dalam udang dapat berperan besar dalam menjaga kesehatan rambut. Seng tersebut dalam menciptakan dan mempertahankan sel rambut dan sel kulit sehingga dapat mencegah rambut rontok dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Dapat membantu meredakan nyeri pada saat PMS

nyeri pada wanita

Meski dalam udang memiliki kolestrol yang tinggi akan tetapi kosestrol yang dimiliki oleh udang adalah sumber kolestrol yang memiliki manfaat yaitu asam lemak omega 3 yang dapat mambantu mengurangi kram bagi perempuan yang sedang menstruasi dan dapat mengurangi gejala-gejala PMS. Untuk itu bagi perempuan yang sedang menstruasi dan sering merasa nyeri selain minum jamu juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi udang.

3. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

menjaga jantung sehat

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam udang juga dapat memberikan perlindungan terhadap jantung. Hal tersebut dikarenakan pada asam lemak omega 3 berfungsi menurunkan kolstrol jahat dan dapat meningkatkan kolestrol baik secara bersamaan.

4. Sebagai perlindungan kulit

perlindungan kulit sehat

Dalam udang memiliki kandungan astaaxanthin yang dapat berfungsi untuk mengurangi keriputan pada kulit. Selain itu, atsaxanthin juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Dengan demikian, udang juga dapat berfungsi sebagai perlindungan kulit.

5. Dapat meningkatkan sel darah merah

sel darah merah manusia

manfaat udang yang sangat besar adalah dapat meningkatakan sel darah merah. Di mana dalam udang terdapat zat besi yang dapat membentuk hemoglobin dan juga mengandung dua nutrisi yaitu vitamin A dan vitamin B12 yang berfungsi meningkatkan sel darah merah.

Baca juga : Manfaat daun cincau untuk kesehatan

6. Dapat membantu produksi hormone tiroid

menjaga hormon teroid

Dalam udang juga mengandung yodium yang cukup tinggi. Yodium adalah bahan baku yang penting dalam memproduksi hormone tiroid, dimana hormone ini sangar berfungsi dalam proses metabolisme tubuh. Apabila anda kekurangan asupan yudium maka resikonya adalah mengalami penyakit gondok dan juga kemandulan

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

merawat kesehatan gigi

Pada uang terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang berperan dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat. Selai itu, kalisium juga dapat berpengaruh pada kinerja otot, hormone,  dan juga fungsi saraf. 

Akan tetapi dibalik banyaknya manfaat udang tersebut, diharapkan tetap hati-hati dalam mengkonsumi udang, karena bagi yang memiliki alergi pada seafood sebaiknya hindari udang. katena dapat mengakibatkan reaksi alergi tersebut, yang biasanya gejala yang muncul adalah kulit terasa gatal, sakit perut, mual, muntah bahkan dapat terjadi pembengkakan disekitar mulut dan wajah. Pengalaman dari penulis, apabila alergi biasanya saya minum susu terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi udang.

Selain itu, apabila tidak hati-hati dalam mengkonsusi udang juga dapat menyebabkan tersedak. Dimana ekor dan kulit udang dapat menyumbat dan melukai saluran pernapasan. Sehingga apabila ingin mengkonsumsi udang pastikan udang sudah bersih. 


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close