Dampak Positif dari Internet Pada UMKM

Bisnis Internet media sosial

Dampak Positif dari Internet Pada UMKM - Beberapa tahun terakhir, pengusaha UMKM mulai secara serius mempraktikkan strategi bisnis yang memanfaatkan kekuatan media sosial serta Internet, buat menghasilkan pasar baru sekalian memenangkan persaingan usaha yang terus menjadi kompetitif di ranah off line. Internet serta media sosial menambah ruang pemasaran yang lebih luas untuk pelakon usaha mikro buat meningkatkan bisnisnya di daerah- daerah. 

Pemakaian Internet Pada UMKM semacam Twitter, Facebook, Skype, Line, WhatsApp, serta media sosial yang lain buat layanan bisnis pula dinilai mampu menguntungkan konsumen. Sepanjang ini, belum dikenal secara khusus seberapa besar akibat internet serta media sosial untuk perekonomian di wilayah, tempat pelakon bisnis UMKM melaksanakan usaha.

Siapa UMKM?

UMKM ialah bentuk bisnis yang sangat dominan di Indonesia. Bagi Kementrian Negeri Koperasi serta UKM serta Bank Indonesia, usaha mikro didefinisikan selaku bisnis yang mempunyai peninggalan bersih kurang dari Rp. 50 juta serta kurang dari Rp. 300 juta buat total penjualan per tahun. 

Baca juga : Sukses berjualan dengan modal kecil

Sedangkan usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai asset bersih antara Rp. 50 juta hingga dengan Rp. 500 juta ataupun mempunyai total penjualan per tahun antara Rp. 300 juta hingga dengan Rp. 2, 5 miliyar.

Usaha Menengah adalah usaha yang mempunyai asset bersih dari Rp. 500 juta sampai Rp. 10 miliyar ataupun total penjualan per tahun dari Rp. 2, 5 miliyar hinga Rp. 50 miliyar. Di Indonesia ada kurang lebih 57 juta UMKM dengan penyerapan jumlah tenaga kerja dekat 108 juta orang. Tidak cuma di Indonesia, di sebagian besar negara di Asia, UMKM pula mempunyai peranan yang sentral.

Peradaban dunia canggih

Apa Saja Dampak Positif dari Internet Pada UMKM?

Digitalisasi Internet serta Media Sosial; Kesempatan Besar UMKM

Informasi populasi UMKM di Indonesia menampilkan jumlah yang sangat besar. Walaupun jumlah UMKM di Indonesia sangat besar, tetapi keterlibatan UMKM dengan teknologi digital ‘masih terkategori rendah'. 

Pemakaian teknologi komunikasi serta data pada industri besar yang lebih banyak dibanding dengan UMKM tidak lepas dari keahlian finansial yang berbeda antara kedua tipe usaha tersebut.

Industri besar mempunyai sumber energi baik finansial ataupun keahlian serta kemampuan yang lebih baik dibanding dengan UMKM. Penemuan tersebut pasti telah hadapi banyak pergantian. Dimana sejalan dengan berkembangnya berbagai aplikasi media sosial. 

Sangat utama dengan adanya teknologi berbasis web 2. 0 yang memudahkan penciptaan user- generated content. Teknologi media sosial tumbuh dalam beragai wujud. Merujuk kepada perkataan para peneliti, mereka mengelompokkan aplikasi media sosial jadi 6 tipe. 

Baca juga : Usaha bisnis teknologi terbaru 

  • Pertama merupakan website yang membolehkan penggunanya buat mengganti, menaikkan maupun menghapus konten yang terdapat dalam web. 
  • Kedua merupakan web dan microblog, yang membagikan kebebasan pada pengguna buat mengekspresikan suatu di web, contohnya adalah twitter.
  • Ketiga merupakan konten, ialah aplikasi yang membolehkan pengguna buat silih berbagi data (konten) baik berbentuk video, e- book serta foto, contohnya merupakan youtube, instagram.
  • Keempat merupakan web jejaring sosial, ialah aplikasi yang menghubungkan para pengguna web jejaring sosial buat silih tersambung serta berbagi data baik data universal ataupun privat, contohnya adalah facebook.
  • Kelima merupakan virtual permainan world, ialah aplikasi Internet Pada UMKM yang membolehkan pengguna buat mereplikasi area dalam bentuk 3 ukuran(3D) buat berhubungan dengan orang lain semacam halnya di dunia nyata, contoh aplikasi ini adalah permainan online.

Penulis : Novita


No comments for "Dampak Positif dari Internet Pada UMKM"