Breaking News

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian

pemanfaatan sawah dan irigasi

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian - Pertanian adalah seni dan ilmu mengolah tanah, bercocok tanam, dan beternak. Ini mencakup persiapan produk tumbuhan dan hewan untuk digunakan masyarakat dan distribusinya ke pasar. Pertanian menyediakan sebagian besar makanan dan kain dunia, kapas, wol, dan kulit semuanya adalah hasil pertanian. 

Fasilitas Transportasi

Untuk memfasilitasi petani agar menghasilkan input pertanian baru serta membolehkan mereka untuk menjual produk mereka di pasar, desa wajib berhubungan dengan pasar. Ini menolong untuk meningkatkan Produktivitas Pertanian mereka yang pada gilirannya memicu geliat petani buat mengadopsi teknologi pertanian yang lebih baik dengan pemasukan yang lumayan.

Fasilitas Irigasi

Produktivitas tanaman tidak hanya bergantung pada kualitas input tetapi juga pada fasilitas irigasi. Oleh karena itu, saluran, sumur tabung harus dibangun untuk menyediakan fasilitas irigasi yang lebih baik untuk keamanan tanaman. Tindakan pengendalian banjir yang ekstensif harus dilakukan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh banjir.

Baca juga : Cara membuat pupuk campuran

Kredit Kelembagaan

Untuk menyelamatkan para petani dari cengkeraman rentenir, fasilitas kredit yang memadai harus tersedia dengan harga murah yang wajar di daerah pedesaan. Bank hipotek tanah dan perkumpulan kredit koperasi harus diperkuat untuk memberikan pinjaman kepada para pembudidaya. 

Fasilitas Pemasaran yang Tepat

Infrastruktur pemasaran harus diperluas dan diperkuat untuk membantu petani menjual produknya dengan harga yang lebih baik. Harus ada pengaturan yang tepat untuk pembongkaran produk di pasar. Selain itu, kebijakan dukungan harga harus diterapkan dan harga minimum harus dijamin oleh petani.

Penyediaan Input Berkualitas

Petani di negara tersebut harus diberikan input yang berkualitas pada waktu yang tepat dan dengan harga yang terkendali. Untuk melindungi eksploitasi petani, langkah-langkah efektif perlu diambil untuk memeriksa penjualan pupuk yang dipalsukan.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian?

Konsolidasi Kepemilikan

Di berbagai negara, konsolidasi kepemilikan tidak memuaskan. Oleh karena itu, upaya penyelesaian pekerjaan konsolidasi harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Area luas tanah yang terbengkalai, dapat direklamasi dan dibuat cocok untuk budidaya.

Pendidikan Pertanian

Dalam upaya membimbing dan menasihati para petani tentang adopsi pengaturan teknologi baru harus dilakukan untuk pendidikan pertanian dan layanan penyuluhan. Ini akan membantu para petani untuk melakukan perawatan tanaman yang tepat yang mengarah pada peningkatan produktivitas tanaman.

Pengurangan Penduduk di Darat

Seperti kita ketahui, bahwa di negara kita, mayoritas penduduk bergantung pada pertanian untuk memenuhi kebutuhan mereka berdua. Hal ini meningkatkan tekanan penduduk terhadap tanah yang mengarah pada pembagian dan fragmentasi kepemilikan tanah.

Oleh karena itu, iklim yang tepat harus diciptakan untuk mendorong orang-orang pertanian untuk memulai pekerjaan di pekerjaan tambahan. Ini akan membantu mengurangi tekanan penduduk di darat. Kelebihan tenaga kerja harus ditarik dari sektor pertanian dan diserap di sektor non pertanian.

Baca juga : Manfaat pupuk organik

Pemberian Benih Pupuk Yang Lebih Baik

Para petani harus dibiasakan dengan manfaat pupuk kimia melalui pameran dan input ini harus tersedia dengan mudah melalui koperasi dan panchayats. Persediaan insektisida dan pestisida secara liberal harus didistribusikan dengan harga murah di seluruh pelosok negeri.

Reformasi Tanah

Disarankan juga agar dilakukan upaya untuk menutup celah dalam peraturan perundang-undangan pertanahan yang ada sehingga kelebihan lahan dapat didistribusikan di antara petani kecil dan marjinal. Pengaturan administratif harus dirampingkan dan unsur-unsur yang korup juga harus dihukum. Itulah ulasan tentang cara terbaik untuk meningkatkan Produktivitas Pertanian. Semoga bermanfaat.


Baca selanjutnya : 8 Jenis usaha pertanian untung puluhan juta

Sumber : Novita


Type and hit Enter to search

Close