Breaking News

Manfaat Tak Terduga Dari Buah Kersen

kasiat buah talok atau ceri

Buah kersen atau biasa disebut buah talok atau buah ceri ini merupakan buah yang mudah kita temui, baik itu di halaman rumah maupun di tepi jalan sebagai peneduh. Buah kersen ini berbentuk bulat dengan diameter 1-1,25 cm memiliki warna merah atau kadang kuning ketika matang dengan kulitnya yang tipis dan halus. 

Buah ini juga memiliki aroma yang khas dan rasanya yang sangat manis. Buah ini tumbuh subur di daerah tropis di Indonesia. Namun Buah ini sering kita abaikan keberadaannya, padahal buah ini memiliki banyak manfaat yang tak terduga. Kandungan dalam Buah kersen meliputi vitamin, antioksidan, bahkan sebagai antibiotik alami bagi tubuh kita. 

Buah kersen mengandung sejumlah zat-zat yang diperlukan oleh tubuh kita, dalam penelitian menyatakan bahwa  setiap 100 gram berat buah kersen terkandung beberapa  jenis senyawa diantaranya air (77,8  g), protein (0, 384  g), lemak ( 1,56 g), karbohidrat (17,9 g), serat (4,6 g), abu (1,14 g), kalsium (124,6 mg), fosfor (84,0  mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019 g), Tiamin atau Vitamin B1 (0,065 g), Ribofalin (0,037 g), Niacin (0,554 g), vitamin C (80,5 mg) dan energi (380 kj/100 g). 

Baca juga : Tanaman putri malu untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah kersen yang harus kita ketahui :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

kadar gula darah manusia

Meskipun buah kersen memiliki rasa yang sangat manis, akan tetapi buah ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Manfaat buah kersen untuk diabetes dapat dirasakan dengan mengkonsumsi secara langsung atau meminum air rebusan dari daun kersen. 

Daun kersen mengandung zat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yaitu terdapat senyawa kimia golongan flavonoid dan saponin yang bekerja sebagai anti oksidan dan dapat menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan dalam metabolisme gula. Buah dan daun kersen ini memiliki zat anti diabetes yang dapat membantu untuk mensekresi gula dalam metabolisme tubuh pada penderita diabetes.

2. Mengatasi Asam Urat

Asam Urat atau rematik gout merupakan hasil dari metabolisme tubuh oleh salah satu protein atau purin dalam ginjal. Apabila kadar asam urat berlebihan dan ginjal tidak mampu mengatur kestabilannya maka dapat menumpuk pada jaringan dan sendi yang dapat menyebabkan nyeri dan pembekakan. 

Dalam buah kersen mengandung kadar purin rendah, dan tingginya kandungan air pada buah kersen dapat melarutkan purin yang mengendap di persendian serta terdapat sifat anti-inflamasi yang dapat dipercaya untuk mengurangi asam urat pada persendian tersebut. Dengan mengkonsumsi 9-12 biji sebanyak 3 kali sehari maka secara perlahan dapat mengurangi rasa sakit tersebut.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang yaitu sakit perut, maag, dan GERD. Sakit maag adalah sakit yang penderitanya mengalami efek kesehatan berupa nyeri perut, mual, atau muntah. Untuk mencegah dan mengatasi permasalahan lambung tersebut maka kita bisa mengkonsumsi buah kersen. 

Pada buah kersen terdapat kandungan anti-inflamasi yang dapat menetralkan asam lambung yang berlebih dan memberikan perlindungan pada mukusa lambung. Selain itu pada buah kersen juga memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membantu mengobati penyakit difteri, bakteri usus, dll.

4. Mengobati Flu dan Pilek

Manfaat buah kersen selanjutnya yaitu dapat mengobati Flu dan pilek. Hal tersebut dikarenakan buah kersen kaya akan vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan dan membuat kekebalan tubuh yang menurun kembali pulih.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close