Breaking News

Dasar Memulai Sebuah Bisnis

dasar membangun sebuah bisnis
Ilustrasi : Pixabay

Hari ini saya akan berbagi tips kepada anda mengenai dasar memulai sebuah bisnis. Apa yang harus kita persiapkan, Apa yang harus kita ketahui, Apa yang harus kita pelajari sehingga nanti kita membuat bisnis yang besar di kokoh.

Jadi anda bayangkan seperti apa nanti bisnis anda, misalkan seperti pohon. Bisnis yang saya inginkan punya cabang begini, nanti saya punya konsep seperti toko online dan nanti punya macam-macam. Anda punya gambaran yang mungkin saat ini belum tercetus kan. 

1. Pondasi

awal membangun sebuah bisnis

Jadi penting banget kalau anda punya bisnis anda bayangkan dulu sisinya seperti apa, misalkan pesawat terbang orang terpikir dari imajinasinya. mereka terpikir sebuah benda yang kayaknya bisa terbang membawa orang dari tempat satu ke tempat lain. gambaran mereka menjadi satu visi akhirnya terciptalah demikian. 

Anda harus pikirkan kira-kira gambaran seperti apa yang mungkin ada buat. Hal yang terpenting untuk memulai bisnis yaitu yang perlu dipikirkan pondasinya supaya kuat bisnis yang anda buat. Kalau anda punya bisnis tetapi pondasinya tidak kuat nanti bisa-bisa goyang bahkan bisa jatuh pula. Apa yang dimaksud dengan pondasi pertama dalam bisnis adalah visi misi.

Baca juga : Cara meraih kesuksesan kurang dari 3 tahun

Dan untuk misi sesuatu yang mungkin belum tergambar saat ini. Ada masih dalam imajinasi akan menjadi dalam impian anda. Misalnya ada satu contoh salah satu bisnis pengusaha zaman sekarang yang belum terpikirkan bagaimana konsep bisnis yang secara online. bisa mengakses ke seluruh orang di seluruh dunia. itu kan tadinya enggak ada tapi jadi ada, sesuatu yang tidak ada.

Salah satu contoh bisnis yang ada zaman sekarang yang cukup bagus adalah amazon.com. Anda ingin menciptakan sebuah toko segalanya ada. Apapun itu, ada perlengkapan bayi yang paling kecil sampai yang paling berat. Semua orang mengakses apapun ada, jadi orang mudah mau beli apapun itu. Jadi untuk mencapai misinya, Bagaimana memudahkan orang untuk berbelanja apapun seperti di toko-toko segala ada dengan cara online. ya itu salah satu misi nya.

2. Keuangan 

strategi mengelola keuangan

Keuangan ini juga salah satu pondasi maksudnya adalah begini Anda harus tahu di dalam sebuah bisnis itu kalau tidak pernah merencanakan dan menghitung  keuangan yang anda miliki. Minimal anda punya target untuk mencapai hasilnya, berapa banyak dari bisnis yang ada jualan. 

Contoh gampangnya gini anda misalnya punya toko jualan, anda punya misi nanti punya toko online yang bisa jual apapun, ada jual produk ada jual jasa, anda kira-kira berapa besar omset yang didapat dan Margin yang didapat.

Contoh anda misalnya jago dalam perbaikan elektronik, ada teman yang saat ini punya masalah di dalam komputer mereka, lalu anda perbaiki. Setelah diperbaiki ternyata bisa. kalau saya lakukan lebih profesional mungkin saya bisa. cuman melakukan jasa seperti itu aja, Jadi sebetulnya Anda bisa prediksikan omset anda berapa di dalam pekerjaan Anda atau dalam jasa Anda ataupun produk Anda dengan anda pikirkan strateginya bagaimana.

Baca juga : Rahasia menjadi orang kaya

3. Kualitas

memilih kualitas terbaik

mengenai kualitas  apapun anda harus memberikan kualitas yang terbaik. Sesuatu yang lebih bermanfaat buat konsumen yang artinya kalau anda benar-benar melakukan. Misalnya anda menjual beras, anda harus tau beras ini dari mana dan rasanya pun sudah teruji enak. Artinya kualitas jadi ke satu dan harga bisa disesuaikan. 

Bagaimana anda bisa memberikan sebuah pelayanan ataupun hasil dari foto barang yang dijual. Barang anda benar-benar sesuai dengan harga yang Anda berikan kepada konsumen. Jangan sampai anda memberikan harga tinggi tapi kualitasnya tuh di bawah standar. itu orang bakal kecewa, jangan sampai Anda memberikan janji-jandi manis.

mengenai dasar memulai sebuah bisnis pertama kita harus fokus. Fokus terhadap pondasi, keuangan dan kualitas. semoga tips ini bisa bermanfaat bagi perkembangan anda dan semakin maju semakin sukses terima kasih


Sumber : Fondasi sukses
Editor penulis : Dwi

Type and hit Enter to search

Close