Breaking News

Cara Memulai Bisnis Melalui TikTok

memanfaatkan aplikasi tiktok untuk bisnis

Siapa yang tidak menganal tiktok ? hampir semua banyak yang menggunakan aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok merupakan aplikasi dimana penggunakanya dapat membuat video dengan durasi 15 belas menit hingga tiga menit yang dapat dilengkapi dengan filter, music atau fitur-fitur lainnya. 

Aplikasi ini sudah tersedia sejak 2016.Pada awalnya orang-orang menggunakan TikTok sebagai hiburan untuk berjoget-joget. Akan tetapi, saat ini kondisi pandemi COVID-19 yang mengharuskan orang-orang yang beraktivitas di rumah saja membuat mereka semakin kreatif. 

Mereka mulai membuat konten-konten memasak, lucu, kesenian bahkan TikTok dapat memberikan peluang kepada penggunanya untuk menghasilkan uang dan pekerjaan yang diinginkan yaitu sebagai influencer. 

Contoh pengguna TikTok yang sudah mempunyai banyak pengikut adalah Emil Mario, dimana ia sering membuat konten yang lucu dan mengibur, Nia Ghinia yang sering membagikan konten mengenai tips-tips kehidupan dan Bella Clarissa sering membagikan konten tentang fashion.

Baca juga : Memilih investasi yang bisa menguntungkan

Dalam artikel kali ini akan dibahas cara menjadikan TikTok sebagai peluang untuk berbisnis :

1. Pelajari dengan Baik Aplikasi TikTok

Sebelum menggunakan aplikasi TikTok sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai TikTok dan menu-menu yang ada didalamnya. TikTok merupakan media sosial yang fokusnya padasharing mengenai video yang menarik. 

Anda juga bisa mempelajari jenis-jenis konten apa saja yang ada pada TikTok dan bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain di Aplikasi tersebut. Dengan Anda mempelajari aplikasi TikTok dengan baik maka Anda dapar beradaptasi danmemiliki gambaran sekiranya konten apa yang akan dibuat.

2. Buat Konten yang Kreatif

Konten-konten yang ada di TikTok adalah konten yang penuh dengan kreativitas dan menyenangkan. Hal tersebut sangat baik untuk Anda manfaatkan membuatkonten mengenai produk yang akan Anda promosikan. Buatlah review mengenai produk Anda dengan menggunakan video secara detail namun menarik.Ketika Anda membuat konten jangan lupa selalu lihat tren apa saja yang banyak digunakan oleh pengguna TikTok. 

Akan tetapi, jangan pernah meniru konten orang lain, adaptasikan ciri khas pada produk Anda dengan menarik.Konten yang menarik dapat membuat orang-orang datang dan akan mengikuti akun bisnis Anda. Apabila membuat konten jangan lupa menggunakan efek yang tersedia di TikTok. Terdapat beberapa macam kategori efek diantaranya funny, animal, editing, beauty, interactive dan lain sebagainyadi bagian tab Effects

3. Gunakan Hastag

Sharing konten dengan menggunakan hastag mampu untuk membantu peyebaran pemasaran produk. Apabila dapat tersebar secara luas maka kemungkinan followers Anda juga akan ikut tinggi. Selain itu, dengan menggunakan Hastag Anda juga dapat melihat pesaing produk Anda. 

Ketika menggunakan hastag hindarilah menggunakan hastag yang terlalu umum, karena hal tersebut dapat membuat konten Anda semakin tenggelam. Agar konten produk Anda dapat masuk spotlight gunakan hastag yang spesifik dan relevan. Kemudian, agar muncul di halaman depan gunakan hastag #....

Baca juga : Menulis bisa mendapatkan jutaan rupiah

4. Bekerja dengan Influencer Tiktok

Dengan bekerja sama bersama influencer akan dapatmenjangkau lebih luas sehingga mampu meningkatkan koneksi. Meskipun influencer di aplikasi TikTok belum sebesar di Instagram akan tetapi juga dapat digunakan untuk memperkenalkan produk-produk Anda pada pengguna lainnya. Anda dapat menemukan influencer yang sesuai dengan produk Anda dengan cara pengecekan pada bio.

5. Memasang Iklan

Strategi lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk secara online di TikTok adalah dengan cara pemasangan iklan. Di dalam TikTok memiliki sistem periklanan yang formal. Buatlah iklan di TikTok bukan hanya yang dapat mencuri perhatian bagi penonton melainkan juga dapat membangkitkan keinginan penonton untuk menggunakan produk Anda.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close