Breaking News

Cara Belajar Efektif di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 sudah satu tahun di Indonesia dan belum diketahui kapan akan berakhir. Di masa pandemi ini segala aktivitas banyak dilakukan di rumah, mulai dari bekerja hingga belajar. Tentunya hal tersebut akan menyebabkan kecemasan hingga stress, segala aktivitas di luar rumah dibatasi, terutama bagi seorang pelajar. 

Belajar di rumah akan terasa membosankan bahkan banyak yang merasa bahwa belajar di rumah selama masa pandemi adalah hari libur. Banyak pelajar yang motivasi belajarnya semakin menurun. Dimana selama pembelajaran dari rumah, guru banyak memberikan tugas atau materi melalui forum online dengan memanfaatkan gadget. 

Bagi siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi tentunya mereka memanfaatkan gadget tersebut untuk belajar. Akan tetapi, masih banyak dijumpai pelajar yang justru menyalahgunakan gadget dengan menghabiskan waktunya untuk bermain games online justru orang tua yang mengerjakan tugas dari gurunya tersebut.

Dari permasalah tersebut tentunya kita perlu mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk belajar di masa pandemi COVID-19. Cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut :

1. Memotivasi Diri

Motivasi yang kuat perlu kita tanamkan ketika selama kita belajar secara daring dirumah. Motivasi dapat dari diri sendiri (internal) dan motivasi dari luar (eksternal).  Dengan motivasi yang kuat kita tidak akan menyerah ketika ada tugas dari sekolah. Selain itu, kita juga berusaha untuk mencari jalan keluar ketika ada masalah. Motivasi yang paling membuat kita bersemangat adalah motivasi yang tertanam dalam diri

2. Tempat Belajar Yang Nyaman

Suasana ketika belajar di sekolah dan di rumah sangatlah berbeda. Ketika di sekolah terdapat meja kursi yang tertata rapid an tentunya bersama dengan teman-teman. Akan tetapi, saat di rumah kita biasanya belajar sendiri . untu itu perlu kita mengkondisikan tempat belajaragar kita dapat merasa nyaman dalam belajar. Apabila kita nyaman, maka kita tidak akan merasa bosan ataupun jenuh. Selain itu, jika tempat belajar nyaman akan membuat kita lebih konsentrasi dalam belajar.

3. Buatlah Jadwal Belajar

Buatlah jadwal secara terperinci agar Anda dapat memastikan efektif atau tidaknya kita selama belajar di rumah. Selama belajar pentingkanlah kualitas dibandingkan dengan kuantitas.

4. Koneksi Internet Baik

Apabila guru senang belajar dengan menggunakan video conference seperti Zoom dan Google meet pastikan koneksi internet Anda dirumah baik agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, karena apabila kita tidak memiliki koneksi internet yang baik maka kita juga akan kesulitan memahami apa yang dijelaskan oleh guru, karena apabila koneksi internet tidak baik biasanya suaranya terputus-putus.

5. Tetap Berkomunikasi Pada Orang Lain

Meskipun di rumah pastikan Anda tetap berkomunikasi atau berdiskusi kepada orang lain. Diskusi tersebut dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan Whatsapp, Instagram dan aplikasi lainnya agar Anda tidak stress dan tidak merasa sendiri. Sering-sering berkomunikasi pada orang lain juga terkadang membuat diri kita lebih semangat.

6. Jagalah Kesehatan

Di masa pademi, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Untuk menjaga kesehatan fisik dapat dilakukan dengan cara sering berolahraga, makan-makan yang bergizi dan teratur. Kemudian, untuk menjaga kesehatan mental adalah kita sering membaca alqur’an, berzikir dan berdoa. Kegiatan tersebut dapat membuat hati kita semakin tenang dan dapat membuat kita berfikir jernih, muncul ide yang kreatif dan inovatif.

7. Apresiasi Diri

Ketika anda sudah selesai mengerjakan tugas tepat waktu dan mendapatkan nilai yang baik, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri. Apresiasi tersebut tidak perlu hal-hal yang mewah asalkan hal-hal yang anda sukai misalnya membeli makanan favorit, bermain bersama teman (namun tetap penuhi protokol kesehatan, atau bisa dilakukan dengan menonton drakor.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close