Breaking News

7 Tips Puasa Agar Kuat dan Bugar Seharian, Cek Disini

tips puasa supaya kuat sampai buka

Ketika awal-awal melaksanakan puasa, nyatanya hampir sebagian orang merasakan tubuh terasa mudah lemas dan cepat lelah. Hal ini dinilai sangat wajar terjadi sebab tubuh sedang berusaha berdaptasi dengan kebiasaan baru. Agar ibadah puasa anda semakin maksimal, perlunya mengetahui tips puasa agar kuat dalam menjalani aktivitas seharian. 

7 Tips Puasa Agar Kuat dan tetap sehat

Jangan sampai ibadah puasa menjadi penghambat aktivitas anda. Nah berikut 7 tips yang dapat anda lakukan agar semakin kuat dan bugar dalam menjalankan puasa. Selengkapnya simak ulasan berikut ini;

1. Laksanakan Sahur

Tips ampuh yang pertama yakni pastikan anda tidak melewatkan sahur. Namun nyatanya masih banyak sebagian orang yang malas ketika melaksanakan sahur. Imbasnya, tubuh menjadi mudah lemas dan ngantuk karena kurangnya asupan nutrisi tubuh.

Meskipun bukan menjadi suatu kewajiban, namun aktivitas sahur mengandung banyak keberkahan terutama untuk kebaikan tubuh anda. 

2. Konsumsi Makanan Serat

Faktanya, serat dapat membuat perut terasa penuh selama beberapa jam sehingga membuah tubuh tidak cepat lapar. Nah, protein serat dapat dengan mudah ditemukan di sayur dan buah. 

Tipsnya, makan buah dan sayur pada saat malam hari atau ketika sahur agar perut terasa lebih kenyang dan tidak mudah cepat lapar. 

Baca juga : Membuat minuman sari buah segar

3. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Ketika berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan sehingga imbasnya rasa lemas dan kantuk sering terjadi. Solusinya, konsumsi air putih 8 gelas pada malam hari. Bisa dengan metode 2 gelas sesudah berbuka, 2 gelas ketika pulang shalat tarawih, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

Tidak harus air putih, anda juga dapat mengganti beberapa gelas dengan jus buah atau susu. Setidaknya dengan melakukan 8 gelas sehari, anda bisa merasakan perubahan yang luar biasa terhadap tubuh anda. Cobalah dari sekarang.

4. Pastikan Istirahat Tercukupi

Selain nutrisi gizi, tubuh anda juga memerlukan waktu istirahat yang cukup. Sebaiknya jangan begadang jika tidak ada keperluan terutama jika anda harus bekerja pada keesokan harinya. Dengan istirahat yang cukup, tubuh dapat melakukan aktivitas maksimal tanpa cepat lelah.

5. Hindari Gorengan dan Makanan Berlemak

Meskipun tergolong nikmat ketika disantap dengan nasi hangat, namun siapa sangka bahwa gorengan dan makanan berlemak dapat berimbas tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Faktanya, makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat tubuh akan mudah merasa lemas sebab dehidrasi yang berlebihan. Pasalnya, garam dapat menyerap cairan lebih banyak pada tubuh anda. Rasanya percuma jika sudah mengkonsumsi banyak air putih namun perlahan terserap oleh kandungan garam yang anda konsumsi.

Baca juga : Menu masakan untuk berbuka puasa

6. Jangan Konsumsi Makanan Pedas

Sangat disarankan untuk tidak memakan makanan pedas ketika sedang sahur. Makanan yang pedas dapat memicu terjadinya iritasi pada lambung serta usus. Akibatnya perut terasa tidak nyaman ketika sedang berpuasa.

7. Hindari Konsumsi Kafein

Siapa yang sering minum kopi atau teh? Meskipun sangat nikmat dikonsumsi ketika sahur, namun pada keduanya terkandung kafein. Faktanya, kandungan kafein dapat menyerap cairan berlebih pada tubuh sehingga berimbas pada cairan urin yang berlebih sehingga tubuh cepat lemas.

Maka dari itu, sebaiknya hindari kopi, teh, maupun minuman bersoda ketika sahur. Cukup dengan konsumsi air putih hingga dua gelas atau lebih. 

Demikian ulasan lengkap seputar tips puasa agar kuat dan bugar seharian. Dengan menjaga asupan nutrisi serta daya tahan yang cukup pada tubuh, aktivitas ibadah puasa akan terasa lebih menyenangkan. Semoga ibadah puasa anda menyenangkan.


Penulis : Tini

Type and hit Enter to search

Close