Breaking News

Tips Manajemen Waktu Agar Produktif

mengelola menegemen waktu
Ilustrasi : pixabay

Di dunia ini setiap manusia diberikan waktu yang sama oleh Allah swt yaitu 24 jam. Akan tetapi, masih terdapat banyak orang yang mengatakan bahwa ia tak memiliki waktu, sehingga semua pekerjaan menjadi menunpuk atau terdapat aktivitas yang pada akhirnya tidak dilakukan. 

Waktu yang sama tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik agar waktu tidak terbuang sia-sia. Orang yang bisa mememanfaatkan waktu dengan baik biasanya ia akan melakukan hal-hal produktif.  Hal ini tentunya harus menjadi bahan perenungan untuk kita, apakah selama ini kita banyak membuang waktu untuuk hal yang sia-sia ? 

Membuang waktu dengan hal-hal yang sia-sia sama dengan kita sedang menyiayiakan kesempatan dan peluang yang ada. Untuk itu kebiasaan itu harus kita ubah agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapat peluang untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Selain itu apabila kita menggunakan waktu dengan baik maka kita sudah bersyukur terhadap waktu yang telah diberikan oleh Allah swt.

Berikut tips memanajemen waktu agar kita menjadi pribadi yang produktif yang tidak menyia-nyiakan waktu yang ada :

Baca juga : Belajar efektif di masa pandemi covid

1. Tentukan Daftar Kegiatan 

Terkadang kita melakukan sesuatu namun tidak efektif karena kita melakukannya tanpa suatu perencanaan. Terkadang kita merasa bingung terhadap apa yang akan kita lakukan dihari tersebut dan pada akhirnya waktu terbuang dengan percuma. 

Untuk mengatasi tersebut maka sebaiknya kita mendattar kegiatan-kegiatan apa yang akan dilakukan. Susunlah daftar kegiatan tersebut ketika akan tidur agar setelah bangun kita tidak bingung terhadap hal-hal yang akan kita lakukan nantinya.

Setelah selesai membuat daftar kegiatan langkah selanjutnya adalah menentukan kegiatan yang paling penting (prioritas) yang harus segara dilakukan dan kita harus berusaha konisten terhadap kegiatan yang prioritas tersebut.

2. Tentukan Deadline

Setiap kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan alangkah baiknya kita menentukan deadline. Hal ini berguna agar kita belajar bertanggung jawab terhadap kegiatan atau pekerjaan yang sudah diemban. Dengan adanya deadline juga akan memimalisir kita dari jam karet.

3. Fokus

Fokus terhadap pekerjaan akan membuat pekerjaan yang kita lakukan dapat cepat selesai. Berusahalah untuk meninggalkan aktivitas-aktivitas yang dapat menimbulkan gangguan terhadap pekerjaan.

Saat ini yang sangat berpotensi dapat menganggu kita dalam melakukan kegiatan adalah smartphone, kita terlalu banyak memegang smartphone untuk hal-hal yang tidak penting. Untuk itu jauhkan smartphone agar kita bisa fokus atau bisa dilakukan dengan silent mode. Apabila ada suara massage atau telpon kita tidak terganggu.

4. Istirahat yang Cukup

Apabila kita telah selesai dalam melakukan pekerjaan maka ambilah untuk istirahat untuk tubuh dan otak kita. Segarkan pikiran agar kita lebih semangat dalam melanjutkan pekerjaan yang lainnya.

5. Ketika Menunggu Lakukan Sesuatu yang Bermanfaat

Terkadang kita dihadapkan pada aktivitas menunggu, baik dalam pekerjaan maupun pada urusan lainnya. Ketika kita menunggu usahakan untuk  membaca buku atau aktivitas lain yang memberikan manfaat.

6. Manfaatkan Akhir Pekan

Di akhir pekan  biasanya kita memiliki waktu yang luang yang banyak, untuk itu kita bisa memanfaatkan beberapa jam untuk mencicil pekerjaan kita. Bagi sebagian orang mungkin ini akan menjadi hal yang menyebabkan rasa jengkel, karena hari libur digunakan untuk melakukan pekerjaan. Namun dengan mencicil dapat mengurangi beban pekerjaan dan lebih memanfaatkan waktu daripada berdiam diri tanpa ada kegiatan sama sekali.

Itulah tips yang bisa kita lakukan untuk memanajemen waktu dengan baik. Semakin kita pintar dalam mengatur waktu maka akan semakin dekat pula kita pada impian atau tujuan yang telah kita rencanakan.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close