Breaking News

Mengenal Manfaat Sawi bagi Tubuh

kaya manfaat sayuran sawi
Sumber : Pixabay


Setiap orang pastinya sudah pernah melihat dan mengkonsumsi sawi. Sawi  sering disajikan bersama mie ayam, selain itu juga dapat dimasak menjadi tumisan yang enak untuk dimakan.  Sawi yang dikenal sebagai hidangan tersebut  memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan sawi meliputi zat besi, mineral, vitamin A, C dan K serta fitonutrien.

Berikut manfaat sawi bagi kesehatan tubuh :

1. Sebagai Detoksifikasi

Saat ini makanan sangat banyak dan beraneka ragam membuat manusia mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki banyak gizi dan tidak memiliki pola makan yang tidak sehat nantinya akan tersebar di seluruh tubuh. 

Sawi hijau dapat berfungsi sebagai detoksifikasi  alami sehingga racun yang ada di seluruh tubuh dapat keluar dan dibuang melalui buang air.  Selain itu dalam sawi memiliki turunan klorofil yang dapat berfungsi untuk menetralkan bahan kimia dan logam berat yang ada dalam tubuh sehingga membuat kita menjadi lebih sehat dan kuat.

2. Memiliki Banyak Serat

Apabila diolah sawi termasuk jenis makanan yang memiliki banyak kandungan serat. Makanan yang memiliki banyak serat akan diubah menjadi  energi yang dapat menjadikan tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

3. Dapat mencegah kolestrol

Risiko penyakit jantung biasanya disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Apabila kita sering mengkonsumsi sawi maka kolestrol yang baik dalam tubuh dapat diubah menjadi asam empedu yang mempunyai fungsi untuk memecah lemak yang ada dalam makanan. Dengan demikian, apabila kita sering mengkonsumsi sawi maka kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh dapat ditekan.

4. Dapat Mengatasi Permasalahan Pernafasan dan Pencernaan

Kandungan vitamin C yang ada di dalam sawi dapat mencegah infeksi virus seperti flu dan pilek. Selain itu, sawi juga dapat mengurangi risiko asma dan meringan radang sinus yang menyerang tubuh. 

Selain masalah dalam penyakit pernafasan, sawi juga dapat mengatasi permasalahan dalam percernaan, misalnya sembelit. Sembelit merupakan penyakit yang terjadi apabila tubuh kekurangan cairan dan serat yang dapat terjadi pada siapa saja. Nah, dikarenakan sawi memiliki kadar serat yang cukup tinggi maka sawi dapat mencegat terjadinya sembelit.

5. Menjaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Fit

Vitamin C yang ada didalam sawi dapat berfungsi sebagai aktioksidan dan vasidilator yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh, memperkuat tubuh dan mencegah terjadinya penyakit. 

Selain itu, kandungan vitamin c yang ada didalam sawi dapat melindungi berbagai infeksi dan virus. Terutama saat musim pancaroba dan musim hujan kita harus sering-sering memakan sawi agar tubuh kita menjadi sehat.

6. Dapat Mencegah Menopause

Menopause sering terjadi pada wanita yang lanjut usia. Penyakit tersebut terjadi karena hilangnya kepadatan tulang. Kandungan sawi yang meliputi magnesium, kalsium dan vitamin K yang ada di dalam sawi dapat menjaga kepadatan pada tulang sehingga dapat menekan terjadinya menopause.

7. Dapat Mencegah Anemia

Tubuh kita membutuhkan asupan zat besi agar oksigen yang ada di dalam darah dapat menyebar ke seluruh tubuh. Kita dapat mengkonsumsi sawi agar nutrisi dalam tubuh tercukupi. Selain itu, dengan kita mengkonsumsi sawi akan mencegah terjadinya anemia sehingga hemoglobin dapat tercukupi.

8. Dapat menurunkan berat badan

Sayur sawi memliki beragam nutrisi akan tetapi kalorinya rendah. Di dalam sawi terdapat kandungan air yang tinggi dan serat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih kenyang dalam waktu lama. 

Manfaat inilah yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang yang sedang menjalani proses diet. Untuk itu bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, kalian dapat mengkonsumi sawi yang tentunya lebih alami dan menyehatkan tubuh.

Penulis : Anis Nurul


Type and hit Enter to search

Close