Breaking News

Mengenal Manfaat Daun Cincau

manfaat daun cincau

Bagi masyarakat Indonesia mungkin tak asing lagi dengan daun cincau. Daun ini sering digunakan pejual dawet untuk melengkapi minuman dawetnya. Daun cincau mengandung karbohidrat yang dapat mengikat molukel air. Hal tersebut membuat bentuk cincau memiliki bentul gel. Tumbuhan cincau dapat tumbuh dengan mudah bahkan dapat tumbuh liar meskipun dihalaman yang tanahnya sedikit.

Selain mengandung karbohidrat, daun cincau juga mengandung lemak, protein, mineral, vitamin a dan b serta flavonoid dan polifenol. Kandungan tersebut tentunya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut diuraikan manfaat daun cincau bagi kesehatan :

1) Meringankan Penyakit Malaria

Penyakit malaria pada umumnya banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meringankan penyakit malaria adalah denga mengkonsumsi cincau.

2) Mengobati Diare

Penyakit diare biasa terjadi karena salah makan, atau terlalu banyak makan sambal sehingga membuat perut sakit dan terus-terusan buang ar besar. Dengan kita mengkonsumsi cincau maka dapat membersihkan bakteri sisa dari pencernaan dan dapat menghilangkan rasa sakit di perut.

3) Mencegah Tumor Ganas

Salah satu penyebab tumor ganas adalah adanya radikal bebas, dimana radikal bebas tersebut dapat dilawan apabila memiliki kekebalan tubuh. Kemudian kandungan dari daun cincau adalah isokondrodendrin dan alkaloid yang dapat mencegah terjadinya tumor ganas.

4) Mencegah Terjadinya Diabetes

Manfaat dari daun cincau bagi kesehatan adalah dapat mencegah terjadinya diabetes. Yang mana olahan daun cincau mampu mengendalikan kadar gula. 

5) Meningkatkan Kekebelan Tubuh

Dimasa pandemic COVID-19 kita juga harus memiliki kekebelan tubuh yang tinggi agar tidak tertular ataupun terkena virus. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah daun cincau. Daun cincau yang sudah diolah menjadi olahan yang kaya akan antioksidan yang dapat memastikan bahwa tubuh memiliki kekebalan tubuh yang dapat mencegah masuknya virus dalam diri.

6) Mengatasi Keracunan Makanan Laut

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan laut ? Pasti banyak yang suka dengan makanan laut yang memiliki aneka ragam bentuknya. Akan tetapi, tidak semua tahan dalam mengkonsumsi makanan laut ada yang nantinya gatal-gatal hingga ada yang sakit perut dan berujung pada keracunan. Salah satu cara yang dapat digunakan mengatasi tubuh yang terkena racun dari memakan makanan hasil laut adalah dengan mengkonsumsi olahan daun cincau.

7) Mencegah Hipertensi

Di dalam daun cincau memiliki senyawa tetandrin yang memiliki fungsi untuik mencegah terjadinya hipertensi. Olahan daun cincau dapat dikonsumsi tiga kali dalam seminggu untuk mengobati hipertensi.

8) Untuk Kesehatan Mata

penyakit mata yang dapat diminimalisir melalaui daun cincau adalah penyakit yang disebabkan oleh degenari macula. Hal  tersebut dikarenakan pada duan cincau memiliki senyawa tertentu yang mampu melawan degenerasi macula sehingga membuat badan sehat saat lanjut usia.

9) Sebagai Obat Demam

Untuk mengobati demam dengan menggunakan daun cincau cukup dengan ambil daun secukupnya lalu cuci daun tersebut hingga berseih. Kemudian peraslah menggunakan air matang dan minum air perasan tersebut.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh apabila kita mengkonsumsi daun cincau. Buat kalian semua yang halaman rumahnya masih ada sedikit lahan bisa banget lhoo digunakan untuk menanam tanaman cincau karena tanaman cincau mudah sekali tumbuh dan tidak perlu menyiram dengan rutin. Dengan kita memiliki tumbuhan cincau kita dapat membuat gel setiap hari yang bisa dicampur dengan es dawet terutama saat cuaca panas. Selain itu juga seperti manfaat yang sudah dijelaskan diatas tentunya dapat berfungsi untuk kesehatan tubuh.

Penulis : Anis Nurul


Type and hit Enter to search

Close