Breaking News

7 Manfaat Daun Singkong

manfaat daun singkong

Masakan daun singkong bagi masyakarat Indonesia sudah tidak asing. Daun singkong memiliki banyak manfaat. Daun singkong biasanya dimasak oleh masyarakat dibuat gudangan dan sayuran lain, selain itu bagi orang yang mengalami kekurangan tekanan darah biasanya bisa diatasi dengan banyak memakan daun singkong. 

Kemudian dari segi batangnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai makanan ternak setelah di kupas. Selain itu bagian batang juga dapat dimanfaatkan sebag kmai kayu bakar. Kemudian Umbinya dapat dimanfaatkan sebagai beragam olahan makanan. Umbinya singkong tersebutlah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia dibandingkan dengan bagian-bagian singkong lainnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas manfaat singkong dibagian dalam daunnya. Banyak orang yang belum mengetahui dan mengen, al manfaat dari daun singkong. Padahal daun singkong bisa dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh Terdapat banyak kandungan gizi pada daun singkong diantaranya karbohidrat, protein, serat, zat besi, tembaga, seng, mangan, vitamin A, B1 dan C. Bahkan daun singkong memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan dengan umbinya.

Berikut manfaat daun singkong bagi kesehatan :

1. Dapat meningkatkan metabolisme


Kita perlu menjaga mekanisme dan kesehatan metabolisme tubuh. Salah satu manfaat dari daun singkong. Kandungan pada daun singkong seperti protein, mineral dan vitamin dapat membantu metabolisme dalam tubuh.

2. Mencegah Stroke.

Stroke merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa. Untuk itu kita juga harus hati-hati terutama makanan yang kita makan. Bagi orang yang sudah terkena stroke alangkah baiknya banyak mengkonsumsi  daun singkong. Di dalam daun singkong mengandung isoflavon. Isoflavon adalah zat dalam yang dapat mengobati penyakit stroke yang dapat menurunkan kolestrol jahat yang dapat menyebabkan stroke.

3. Dapat mengobati diare

Mungkin  kebanyakan orang mengobati diare dengan menggunakan daun jambi biji. Akan tetapi, bagi kalian yang belum mengetahui daun singkong juga dapat untuk mengobati diare.  Untuk mengobati diare tersebut rebuslah daun singkong akan tetapi jangan meminum rebusan dalam jumlah yang banyak.

4. Mengobati rematik

Daun singkong dapat digunakan untuk mengobati masalah rematik dan memang lebih baik jika dibandingkan dengan obat yang berbahan kimia, karena tidak mengandung efek samping. Di dalam daun singkong terdapat kandungan yang mempunyai sifat anfliintimasi. Zat yang bersifat antiintimasi dapat berfungsi untk mencegah pelepazan zat-zat yang lain yang dapat menyebabkan peradangan. Untuk mengobati rematik anda harus mengkonsumi daun singkong sebanyak tiga kali dalam sehari yang dicampur dengan serah dan jahe.

5. Sebagai Obat Demam dan Sakit Kepala

Daun singkong juga dimanfaatkan untuk mengobati demam dan sakit kepala. Cara yang dapat dilakukan dengan cara merebus daun singkpng. Akan tetapi, jangan terlalu lama dalam merebus karena dapat menyebabkan hilangnya zat gizi yang terdapat dalam daung singkong.

6. Dapat menjaga kehamilan

Perempan yang sedang hamil cenderung rentan mengalami anemia. Daun singkong dapat digunakan untuk mencegah anemiapada ibu hamil. Di dalam daun singkong terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu, dalam daun singkong juga terdapat asam folat yang dapat didunakan untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut ibu.

7. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Apabila kalian ingin sekali menambah berat badan akan tetapi tidak mempunyai nafsu makan yang tinggi. Solusinya adalah dengan mengkonsumi daun singkong yang biasanya dapat digunakan sebagai sayur. Secara tidak langsung mengkonsumsian daun singkong dapat membantu kita mempunayi nafsu makan yang baik, sehingga hal tersebut dapat memudahkan kita untuk mengkonsumsi daun singkong.


Penulis: Anis Nurul A






Type and hit Enter to search

Close