Breaking News

Cara menghilangkan bau ternak unggas

Peternakan pada umumnya, peternakan itik pada khususnya, tetap menimbulkan bau, baik yang ditimbulkan oleh kotoran, pakan, dan juga dari ternaknya sendiri. Cara menghilangkan bau ternak unggas ada beberapa upaya yang dapat dilakukan.

Bau yang berasal dari makanan terbuang atau basi

Untuk menghilangkan bau dari sisa makanan yang terjatuh ke lantai kandang, perlu dibuat tempat pakan di bawah tempat air minum sehingga air akan jatuh masuk ke dalam tempat pakan. 

Alas tempat pakan harus lebih tinggi daripada sekelilingnya. Sebaiknya, alas itu disemen agar mudah dalam pembersihan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah ini


Ketinggian tempat air minum disesuaikan dengan umur itik seperti terlihat pada uraian di bawah ini.
  1. umur 1-10 hari ketinggian 10 cm.
  2. umur 11-20 hari ketinggian 15 cm.
  3. umur 21-30 hari ketinggian 20 cm.
  4. umur 30 ke atas ketinggian 25 cm.
Katika makan, umumnya itik tidak tenang sehingga banyak makanan yang jatuh ke bawah. Kalau dibiarkan, hal itu akan menyebabkan bau basi yang kurang enak. Selain dapat menyebabkan bau yang kurang enak, hal itu juga dapat menyebabkan penyakit pada itik. Oleh karena itu, makanan yang jatuh di lantai harus dibersihkan setiap tiga hari sekali sehingga tidak sempat menimbulkan bau.


Bau yang berasal dari kotoran

Kotoran yang dihasilkan oleh itik akan jatuh ke atas lantai. Lama-kelamaan kotoran itu akan menumpuk di atas lantai. Pada akhirnya kotoran itu akan melekat jadi satu. Kalau dibiarkan, hal itu akan menimbulkan bau apalagi pada musim hujan. oleh karena itu, dianjurkan untuk mengambil kotoran yang melekat itu setiap hari. Kemudian menghamparkan sekam di atas lantai.

Pengambilan kotoran itu tergantung pada musim. Apabila musim kemarau, pengambilan cukup satu kali sehari. Sebaliknya, apabila musim hujan, pengambilan kotoran dilakukan tiga kali sehari.

Kotoran yang diambil selanjutnya disimpan ditempat khusus. Hal itu dapat dibuat sebagian biogas atau pupuk kompos. Apabila dibuat sebagai biogas, berarti kotoran tersebut dapat bermanfaat kembali setelah tidak terpakai.

Selain itu, tata letak kandang harus diatur sedemikian. Hal itu dimaksudkan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang dan ventilasi udara dapat berputar dengan baik, sepeti gambar di bawah ini.

membuat kandang itik

Faktor yang terakhir yang perlu kita perhati perhatikan adalah faktor persiapan kandang itik sebelum diisi. Jadi, sebelum diisi, kandang harus dibersihkan agar bau tidak enak tidak ditemukan.


Sumber : Ir. N.R. Dewi Sopiah Azuri dan Ir. Ramli N.S

Type and hit Enter to search

Close