Breaking News

Cara membuat manisan buah pala dan nanas yang enak

Cara membuat manisan buah pala dan nanas

Membuat manisan dari berbagai manisan buah hampir sama. perbedaannya, adalah hanya bergantung pada bahan dasarnya. untuk buah yang lunak, seperti nanas harus dikeraskan terlebih dahulu yaitu dengan kapur. namun, buah yang keras, seperti pala, tidak perlu dikeraskan. untuk buah yang bergetah, seperti pala, getah buah harus dihilangkan terlebih dahulu dengan cara meremas dengan garam dapur. untuk buah yang tidak bergetah, seperti nanas, tidak perlu diremas dengan garam. buah yang mudah cokelat, seperti pala harus dilakukan pemanasan terlebih dahulu yang dikenal dengan blanching. pemanasan bertujuan untuk merusak enzim penyebab warna cokelat. caranya dengan perebusan atau pengukusan dalam waktu yang singkat lebih kurang 5 menit, bergantung pada bahannya. ada buah yang tidak perlu dilakukan pengukusan atau perebusan, seperti buah kedondong. buah ini justru tidak tahan jika dilakukan pengukusan atau perebusan karena akan mengalami kelunakan terutama pada permukaannya.

Dalam pembahasan ini hanya akan membahas cara membuat manisan buah pala dan nanas. dengan harapan, jika sudah menguasai teknik pembuatan manisan pala dan nanas, pembaca dapat melakukan pembuatan manisan dari bahan dasar buah segar yang lain.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan

Bahan- bahan yang perlu disiapkan sebagai berikut.
  1. buah yang sudah masak,
  2. garam dapur,
  3. gula pasir
  4. na-bensoat
  5. air secukupnya
  6. kapur sirih (khusus untuk buah lunak)
  7. asam sitrat
Alat-alat yang diperlukan sebagai berikut,
  1. pisau,
  2. telenan,
  3. panci email dan panic besar (baskom)
  4. gelas takar
  5. jaring bambu atau kawat kasa
  6. kain saring
  7. sendok pengaduk besar dan sendok makan
  8. gayung
  9. timbangan
  10. kompor
  11. plastik lebar untuk menjemur
  12. stoples,
  13. dandang,
  14. tampah atau nampan.

Pembuatan manisan pala

Pembuatan manisan pala dibedakan menjadi dua, yaitu pembuatan manisan pala basah dan manisan pala kering.

Pembuatan manisan pala basah
  1. pilih buah pala yang sudah masak, berwarna putih kekuningan, dan tidak terdapat luka atau serangan hama dan penyakit.
  2. buatlah larutan garam 20%. timbanglah 200 gram garam dapur, kemudian larutkan di dalam air sampai mencapai 1 liter (1.000 ml).
  3. buatlah larutan gula. timbanglah gula pasir sebanyak 700 gram. rebuslah air 700 ml dan setelah mendidih, masukan 700 gram gula, kemudian aduklah hingga larut. selanjutnya, larutan itu disaring dengan kain saring. timbang 4 gram Na-Bensoat, kemudian masukan ke dalam larutan gula dan aduklah sampai larut dan merata.
  4. kupaslah kulit buah pala dengan pisau baja anti karat yang tajam. setelah satu butir buah terkupas kulitnya, selanjutnya hilangkan bijinya, dan langsung masukan ke dalam larutan garam 20% (No.2).
  5. iris-irislah buah pala menurut selera. kebanyakan buah diiris menjadi bentuk penyerupai bunga mawar.
  6. remas-remaslah buah pala dengan garam dapur sehingga getah dapat dikeluarkan sebanyak-banyaknya. pada tahap ini diharapkan dapat mengurangi rasa pahit dan asam. selanjutnya, buah pala dicuci dengan air bersih dan direndam dengan air bersih lagi.
  7. lakukan blanching dengan air mendidih. rebuslah air sebanyak 3 liter sampai mendidih. masukan buah pala yang sedang direndam ke dalam air yang sedang mendidih selama 5 menit. kemudian, angkat dan tiriskan.
  8. rendamlah buah pala yang sudah di blanching ke dalam larutan gula (No.3) selama 24 jam.
  9. pada hari kedua ambillah manisan buah pala dan rebuslah larutan gula dengan api kecil sehingga volumenya sekitar 2/3 dari volume semula. selanjutnya, buah pala direndam lagi selama 24 jam.
  10. kemaslah manisan pala basah ke dalam plastik atau toples dan selanjutnya siap dijual atau disimpan.

Pembuatan manisan pala kering

Pembuatan manisan pala kering hampir sama dengan pembuatan manisan pala basah. perbedaannya adalah pada pembuatan manisan pala kering. perendaman dalam larutan gula cukup dilakukan satu kali selama 36 jam. setelah itu, ada tahap pengeringan dengan penaburan gula pada permukaannya.

Baca juga : Cara pembuatan es krim

Pembuatan manisan pala kering, adalah sebagai berikut.
  1. pilih buah pala yang sudah masak, berwarna putih kekuningan, dan tidak terdapat luka atau serangan hama dan penyakit.
  2. buahlah larutan garam 20%. timbanglah 200 gram garam dapur, kemudian larutkan ke dalam air sampai volumenya mencapai 1 liter (1.000 ml).
  3. buatlah larutan gula. timbang gula pasir sebanyak 700 gram. rebuslah air 700 ml dan setelah mendidih masukan 700 gram gula, kemudian diaduk hingga larut. selanjutnya, disaring dengan kain saring. timbang 4 gram Na-Bensoat, kemudian masukan ke dalam larutan gula dan diaduk sampai larut dan merata.
  4. kupaslah kulit pala dengan cepat memakai pisau stainless stell yang tajam. setelah satu butir buah tekupas kulitnya, selanjutnya hilangkan bijinya dan langsung dimasukan ke dalam larutan garam 20% (No.2).
  5. iris-isislah buah pala menurut selera. kebanyakan buah pala diiris menjadi bentuk menyerupai mawar.
  6. remas-remaslah buah pala dengan garam dapur sehingga getah dapat dikeluarkan sebanyak-banyaknya. pada tahap ini diharapkan dapat mengurangi rasa pahit dan asam. selanjutnya, buah pala dicuci dengan air bersih dan direndam dengan air bersih lagi.
  7. lakukanlah blanching dengan air mendidih. rebuslah air sebanyak 3 liter sampai mendidih. masukan buah pala yang sedang direndam dalam air yang sedang mendidih selama 5 menit. kemudian, angkat dan tiriskan.
  8. rendamlah buah pala yang sudah diblanching ke dalam larutan (No.3) selama 36 jam.
  9. keringkanlah buah pala pada sinar matahari atau pada pengering buatan. jika pengeringan buah pala dilakukan dengan pengeringan buatan maka pengeringan dilakukan pada suhu 65 derajat celcius. taburilah dengan gula pasir yang sendang dikeringkan setiap 1/2 jam sekali. lakukanlah pembalikan pada pertengahan pengeringan. pengeringan diakhir jika buah pala sudah kering (tidak berair), lihat (tidak lembek) dan jika dipegang agak kemerisik.

Pembuatan manisan nanas kering

Pembuatan manisan nanas kering, adalah sebagai berikut.
  1. pilihlah tiga buah nanas yang tua, tetapi setengah matang, berwarna hijau sedikit kuning, masih keras (mengkal) dan tidak terdapat luka atau serangan hama dan penyakit. kemudian, timbang gula pasir sebanyak 1 kg.
  2. buatlah larutan garam 20%. timbanglah 200 gram garam dapur, kemudian dilarutkan kedalam air sampai volumenya mencapai 1 liter (1.000 ml).
  3. buatlah larutan gula. timbanglah gula pasir sebanyak 1 kg. rebuslah air 1 liter dan setengah mendidih masukan 1 kg gula dan 2 gram asam sitrat, kemudian diaduk kain saring. timbang 5 gram Na-bensoat, kemudian masukan ke dalam larutan gula dan diaduk sampai larut dan merata.
  4. buatlah larutan kapur. timbang kapur sebanyak 50 gram, larutkan dalam 1 liter air, kemudian disaring. air kapur yang bersih ditampung.
  5. kupaslah kulit buah nanas dengan pisau yang tajam dan buang mata buahnya. kemudian dicuci dengan larutan garam 20% (No.2).
  6. iris-irislah buah nanas menurut selera. kebanyakan buah nanas diiris tipis memanjang menyerupai sisir dengan ketebalan 1/2 cm.
  7. rendam buah nanas dengan air kapur (No.4) selama 30 menit. pada tahap ini diharapkan buah nanas tetap segar (tidak lembek) dan bertambah keras. setelah 30 menit, buah nanas diambil dengan cara menyaring.
  8. lakukan blanching dengan air mendidih. rebuslah air sebanyak 3 liter sampai mendidih. masukkan buah nanas ke dalam air yang sedang mendidih selama 5 menit. kemudian, angkat dan tiriskan.
  9. masukan potongan buah nanas yang sudah di blanching ke dalam larutan gula, kemudian dipanaskan dengan api kecil sambil dilakukan pengadukan pelan-pelan.
  10. ambil potongan buah nanas apabila telah berwarna kuning mengkilap dan sirup sudah meresap dalam daging buah nanas.
  11. keringkanlah buah nanas pada sinar matahari atau pada pengering buatan. jika pengeringan buah nanas dilakukan dengan pengeringan buatan maka pengeringan dilakukan pada suhu 65 derajat celcius. taburilah dengan gula pasir yang sedang dikeringkan setiap 1/2 jam sekali. lakukanlah pembalikan pada pertengahan pengeringan. pengeringan diakhiri jika buah nanas sudah kering (tidak barair) dan lihat (tidak lembek).
  12. setelah kering, manisan nanas dikemas dalam toples atau plastik dan siap dijual.
Sumber : Ir. Sahirman, M.P

Type and hit Enter to search

Close