Breaking News

Makanan asam pedas khas siak



Asam pedas ikan gabus channa striata

Masyarakat kabupaten siak terkenal akan sungai dan rawa-rawa yang banyak ikan pada musim penghujan, mayoritas kegiatan saat musing penghujan mencari ikan. Muda,tua, bahkan anak- anak suka mencari ikan. Apalagi yang sering diburu ikan gabus atau disebut channa striata, siapa sih yang tidak tau ikan gabus, ikan tersebut banyak manfaatnya selain itu harganya juga laku keras dipasaran. Bahkan daerah palembang tempat penampungan ikan tersebut sangat laku keras, apalagi khas makanan disana yang sangat enak seperti empek-empek palembangnya rasa yang gurih nikmat dicampur khas rasa kuahnya.

Biasanya makanan asam pedas dominan dengan ikan patin atau baung, makanan ini banyak ditemui rumah makan daerah kabupaten siak, citra rasa yang leyat terasa asam pedas bumbunya membuat kita lahap diwaktu makan siang. Sebagian warga masyarakat mencoba membuat kreasi asam pedas menggunakan daging ikan gabus, rasa danging nya juga tidak kalah leyat dengan ikan patin dan baung yang sering ditemui dirumah- rumah makan.

Bahan-bahannya antara lain daging ikan gabus yang sudah dibersihkan, daun kenyit 1 helai, bawang pitih 5 siung, bawang merah 4 siaung, kemiri 4 butir, garam 1 sendok teh, penyedap rasa 1 sendok teh, asam keping 1 biji, gula putih secukupnya, jahe 5 cm, cabe merah 10 buah, semua bahan digiling sampai lembut.

Cara masak semua bahan dimasukkan kewajan ditumis setelah harum masukkan air 3 gelas 200 ml ditambahkan daun kunyit, dan serai lalu masukan daging ikan yang sudah dipotong- potong, dimasak hingga mendidih dan matang. Makanan siap disajikan.

Terimakasih semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : masyarakat kabupaten siak.


Type and hit Enter to search

Close