Breaking News

Tanaman meniran obat sakit ginjal


Tumbuh-tumbuhan ini sering didapati sebagai tumbuhan liar. Nama lainnya adalah dihukung-dhukungan, meniran merah, atau daun gendong anak. meniran sering dijumpai dikebun, ladang, tepi sungai, atau ditempat lainnya. walaupun tumbuhan liar, meniran termasuk tumbuh-tumbuhan yang berguna.

Selain mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang, meniran juga dapat dipakai sebagai obat-obatan, apabila kita  menumbuk 15 sampai 30 gram meniran yang dicampur dengan akar pohon pepaya kemudian diaduk dengan air matang 250 cc, hasilnya dipakai sebagai obat sakit ginjal dan sariawan.

jika kita empedu, tumbuklah meniran dan campurlah dengan temulawak, peras dan minumlah air perasan yang pertama. tetapi ingat, semua bahan dan peralatan harus dicuci terlebih dahulu. begitu pula air yang digunakan, haruslah air yang sudah matang agar jangan timbul penyakit yang baru.

selain itu juga dapat menguatkan lambung dan bisa dipakai sebagai peluruh air seni. air rebusan meniran yang tanpa campuran dapat menghilangkan gatal-gatal dengan cara membasuhkannya.

nb: berhati-hatilah menggunakan herbal ini karena termasuk obat keras.

sumber, Budi rahayu wilujeng dan Drs. Sediono, M.Si

Type and hit Enter to search

Close