Breaking News

Pohon Dadap theutheuk (bahasa sunda) / Herbal kencing berdarah









Dinusantara ini hampir di mana-mana dijumpai pohon dadap, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, bahkan juga terdapat di daerah pesisir, ada beberapa jenis pohon dadap, amtara lain, dadap cengkring, serap, dan ayam. dadap cengkring durinya besar kadang-kadang hanya disebut dadap saja atau dadap biasa. tumbuhan ini dipakai untuk menimbulkan rasa muntah bagi orang keracunan.

Dadap srep, ada juga yang menyebutnya dadap serep atau dadap minyak. daunnya lebar dan durinya sangat kecil. kata serep berasal dari bahasa jawa asrep yang berarti dingin. memang, daun ini biasa ditumbuk kemudian diletakkan di dahi untuk menurunkan panas dan demam.

Dadap ayam banyak ditemukan di pesisir sehingga disebut juga dadap laut. nama lainnya adalah bledung atau dadap blendung. dadap ini dalam bahasa sunda disebut theutheuk. karena mengandung sedikit zat racun (alkali) diharap berhati-hati dalam menggunakannya. namun demikian,

khasiatnya bermacam-macam, apabila daun dadam ayam dan kulit pohonnya ditumbuk sampai halus, ditambah air panas secukupnya, dan diminum, dapat menyembuhkan kencing berdarah karena batu ginjal.


sumber karya buku Budi rahayu wilujeng dan Drs. Sediono, M.Si

Type and hit Enter to search

Close