Breaking News

Asam jawa kesehatan untuk gusi dan gigi


Pohon asam termasuk pohon yang besar dan rindang. umurnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun. Sekitar 20 sampai 30 tahun yang lampau pohon asam banyak dijumpai ditepi jalan, baik dalam kota maupun jalan  antar kota.

Seiring dengan kemajuan zaman, modernisasi kota, pelebaran jalan dan sebagainya, pohon asam banyak ditebang tanpa penanaman kembali sebagai peremajaan. sekarang jarang sekali kita jumpai pohon-pohon asam ditepi jalan.

Buah asam yeng telah dikupas dan diambil bijinya seiring disebut asam jawa. anehnya asam jawa ini masih murah harganya.buah asam yang masih muda namanya cempaluk, warnanya coklat muda kehijau-hijauan. apabila telah masak warna daging buahnya coklat, rasanya asam agak manis.

Selain lezat buah asam bermanfaat untuk kesehatan mulut, gusi dan gigi. buah asam ini bisa mencegah sariawan, pilek serta menurunkan panas karena asam banyak mengandung vitamin C.
daun asam yang masih muda juga bisa dimakan begitu saja dengan tangkainya dan rasanya agak masam sehingga menyegarkan badan.

Daun asam muda adakalanya ditumbuk dan diperas airnya kemudian dicampur dengan kunyit yang sudah diparut. campuran tersebut dinamakan jamu sinom. cara lain untuk membuat janu sinom adalah merebus daun asam muda kemudian ditiriskan dan dicampur kunyit yang sudah diparut. khasiat jamu sinom itu adalah untuk menjaga kesegaran tubuh. selain itu, juga dapat menyembuhkan demam. lebih baik lagi apabila satu gelas jamu sinom dicampur dengan 2 sendok makan madu asli ditambah sebutir kuning telur ayam kampung (mentah).

Buah asam mampu merubah bau dan rasa yang tidak enak, buah asam diberi gula dan ditambah air panas segelas kemudian diaduk menjadi minuman yang lezat berguna menurunkan panas.


sumber: Budi rahayu wilujeng dan Drs. Sediono, M.Si

Type and hit Enter to search

Close