Breaking News

Makanan bolu kemoja




Kue bolu kemoja

Kue khas dari siak ini merupakan salah satu warisan kuliner yang sampai saat ini tetap digemari oleh masyarakat, khususnya didaerah siak, rasa kue ini manis dan gurih, rasa gurih yang ada pada kue ini berasal dari campuran santan yang ada didalamnya. Selain itu, tekaturnya sendiri juga sangat lembut, sehingga kue bolu kemoja ini banyak digemari.

Adapun untuk membuatnya juga terbilang kucup mudag, hanya memerlukan beberapa bahan yang sederhana. Proses pembuatannya hanya beberapa tahap saja, yang tentu saja mudah dipraktikkan, bolu kemoja kerap dijadikan makanan kecil untuk berbuka puasa, dan juga dihidangkan untuk barbagai macam acara khusus.

Jika kalian ingin praktik membuat kue bolu kemoja, berikut ini adalah resep dan langkah- langkag pembuatannya :

1. Margarin dilelehkan 300 gr
2. Tepung terigu 350 gr
3. Gula pasir 300 gr
4. Santan kelapa 600 ml
5. Telur ayam 8 butir
6. Air perasan daun suji 50 ml
7. Cengkeh, kayu manis adas manis dan buah pala secukupnya
8. Daun pandan secukupnya

Tahap pertama dalam membuat kue bolu kemoja adalah dengan menumbuk daun suji dan disaring untuk diambil airnya. Setelah itu kayu manis, cengkeh, adas manis, dan buah pala digiling dan diayak, langkah selanjutnya adalah dengan mencampur tepung terigu dengan telur yang sudah dikocok hingga mengembang dengan tambahan santan. Gula pasair dan daun pandan campurkan bubuk rempah dengan air secukupnya dan aduk sampai tercampur rata dan adonan sudah cukuk kekentalannya. Panaskan cetakan dengan diolesi mentega dan masukkan adonan kedalam cetakan dan oven sampai pinggirannya kuning kecoklatan pertanda kue sudah masak.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa disebarluaskan

Sumber : masyarakat Siak sri indrapura

Type and hit Enter to search

Close