Breaking News

Bahan Makanan martabak mesir/ asal usul martabak mesir



Sejarah Martabak mesir berasal dari negara timur tengah dan india, martabak berasal dari kata mutabbaq (bahasa arap) yang artinya berlipat. terjadilah akulturasi budaya arab dan india dengan masyarakat setempat, termasuk dalam hal makanan. martabak bangsa arab dan india disajikan dengan berbagai macam jenis olahan dan rempah-rampah.

istilah mesir martabak ini muncul karena saat itu makanan ini pertama kali dibawa oleh orang arab dan india berkulit hitam. kemudian menjadi salah kaprah oleh masyarakat setempat dan disebut sebagai makanan orang                                                                         mesir. hingga akhirnya dinamakan martabak mesir oleh                                                                           masyarakat setempat.

martabak mesir awalnya diperkenalkan oleh saudagar dari kubang yang bernama  H. Yusri Darwis (alm) yang dikenal dengan panggilan akrab Hayuda pada tahun 1971 di jalan M Yamin, Padang. saat itu gerai pertamanya dibuka dengan nama Martabak Mesir Kubang. tetapi pada saat mendaftarkan hak paten kata Mesir tidak boleh digunakan karena nama sebuah negara. sehingga namanya berganti menjadi martabak kubang Hayuda. sejak masuk ke jakarta 1988, gerai ini telah memiliki 4 cabang yaitu di Tebet, Kali malang, depok dan bogor.

hingga saat ini martabak mesir tidak hanya dikenal di sumatra barat dan jakarta saja. tetapi telah dikenal di berbagai daerah. resep dan cara pengolahannya pun dikatakan tidak begitu susah.  bahan-bahan yang perlu di persiapkan adalah :

bahan kulit.

1. tepung terigu 175 gr
2. garam 1/4 sdt
3. air 140 ml
4. minyak bimoli 100 ml
5. minyak untuk merendam 500 ml

bahan isi.

1.daging ayam 200 gr
2. bawang putih 2 siung iris tipis
3. bawang merah 3 butir iris tipis
4. cabai merah 2 bh, cincang halus
5. bubuk kari 2 sdt
6. garam 1/4 sdt
7. merica bubuk 1/4 sdt
8. daun bawang 1 batang, iris halus
9. telur ayam 3 btr kocok lepas
10. bawang bombai 1/2 buah, iris halus

bahan kuah.

1. gula jawa 100 gr
2. garam 1 sdt
3. cuka 2 sdt
4. cabai merah 4 bh, potong dadu
5. cabai rawit sesuai selara potong dadu
6. bawang merah sesuai selera iris tipis

Cara membuat.

1.bahan kulit: campur tepung trigu dan garam, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. masukkan minyak goreng, uleni kembali hingga kalis. bulatkan sesuai selera dan rendam didalam minyak goreng. pipihkan dan diling tipis.

2. bahan isi : tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai harum. tambahkan daging giling, lalu dimasak hingga berubah warna, kemudian masukkan bubuk kari, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk hingga rata dan bumbu meresap. angkat dan tuang daging ke dalam wadah, kemudian tambahkan daun bawang, telur dan bawang bombai, aduk rata dan sisihkan.

3. lembarkan adonan kulit beri bahan isi kemudian tutupi dengan selembar adonan kulit lainnya hingga rapat. lalu letakkan adonan di dalam wajan panas. kemudian masak hingga matang. angkat dan sisihkan.

4. bahan kuah : masak air dan gula jawa sampai larut. masukkan bawang putih, cabai, cuka, garam, dan air asam, kemudian aduk rata. setelah itu angkat dan tuang kedalam mangkuk, tambahkan kecap, kemudian aduk rata.

5. bahan acar : campurkan gula, garam, dan cuka ke dalam mangkuk, aduk rata. masukkan potongan mentimun, cabai dan bawang merah lalu aduk rata.

Martabak mesir siap di hidangkan. semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Type and hit Enter to search

Close